Taging: Politik Luar Negeri

BY Syelda Titania Putri Sukarno

5 Model Perumusan Politik Luar Negeri

Pembuatan keputusan, secara sederhana dapat diartikan sebagai tindakan memilih alternatif yang ada dengan berbagai ketidakpastian. Dengan kata lain, memilih berbagai kemungkinan alternatif yang ada untuk kesinambungan kehidupan negara-bangsa.

BY Syelda Titania Putri Sukarno
BY Hardi Alunaza SD

Perspektif Baru Politik Luar Negeri China

Seiring peran dan pengaruh China terhadap banyak negara di dunia semakin berkembang, dipandang perlu untuk memahami bagaimana perspektif China terhadap hubungan luar negerinya dengan negara lain dalam konstelasi politik global.

BY Hardi Alunaza SD
BY Syelda Titania Putri Sukarno

Perbandingan Politik Luar Negeri Indonesia Pada Masa Kepemimpinan Era Soeharto-Susilo Bambang Yudhoyono

Peristiwa 30 September tahun 1965 turut menandai transfer kekuasaan Presiden Soekarno kepada Jenderal Soeharto. Masa Orde Baru dipimpin oleh Presiden Soeharto dimulai pada tahun 1966-1998. Sistem pemerintahan Orde Baru bersifat otoriter dan terpusat. Pemerintahan Soeharto menerapkan sistem demokrasi Pancasila. Demokrasi Pancasila memiliki lima prinsip ideologi nasional yaitu lima butir Pancasila. Era Orde Baru mengubah wajah baru politik Indonesia. Kepemimpinan Soeharto merupakan periode terlama dalam memimpin Indonesia selama 32 tahun.

BY Syelda Titania Putri Sukarno
BY Syelda Titania Putri Sukarno

Reformasi Tata Kelola Politik Luar Negeri Indonesia; Sebuah Kajian Strategis dalam Merespons Perkembangan Dunia

Dalam perpolitikan nasional ada tiga istilah yang saling terhubung satu sama lain, yakni politik luar negeri, hubungan luar negeri dan politik internasional. Politik luar negeri adalah perangkat yang digunakan untuk berhubungan dengan Negara lain.

BY Syelda Titania Putri Sukarno
Loading