belajar dari rumah
0 Shares

Setelah merebaknya Covid-19 di seluruh dunia, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadhiem Makarim mengatakan bahwa sistem belajar di sekolah dan di universitas dilaksanakan secara online, di prediksi selama wabah Covid-19 berlanjut maka diterapkan belajar dari rumah.

Merujuk pada surat edaran nomer 3 tahun 2020 tentang pencegahan Covid-19 pada satuan pendidikan. Dalam edaran tersebut menginstruksikan kepada satuan pendidikan di seluruh indonesia yang terdapat 18 poin rujukan salah satunya adalah mengingatkan warga satuan pendidikan untuk menghindari kontak fisik secara langsung (bersalaman, cium tangan, berpelukan dan sebagainya).

Beberapa universitas di Indonesia sudah menerapkan sistem belajar online atau daring dengan cara yang berbeda – beda. 10 universitas tersebut diantaranya adalah:

Baca Juga:  Tips Produktif Sosial Media

1. Padjadjaran (UNPAD)

Universitas pertama yang menerapkan sistem belajar online adalah UNPAD, dalam melaksanakan kegiatan belajar online dilakukan melalui rangkaian kegiatan pembelajaran kuliah online seperti penyampaian materi oleh dosen, praktikum kuliah, bimbingan skripsi, ujian, presentasi, dan sebagainya. UNPAD juga telah menerbitkan sejumlah skenario pembelajaran seperti Learning Management System (LMS) melalui aplikasi modul online diantaranya Edmodo, Google Classroom, dan lainnya.

2. Universitas Indonesia (UI)

Universitas selanjutnya adalah UI, sebagai salah satu tempat pendidikan favorit di Indonesia. UI telah menerbitkan PJJ UI atau Pendidikan Jarak Jauh Universitas Indonesia sebagai upaya untuk melakukan kegiatan kuliah online. Seluruh dosen dan mahasiswa mempergunakan teknologi dalam pembelajaran yang telah disediakan oleh Direktorat Pengembangan Akademik dan Sumber Daya Pembelajaran UI dengan segala panduannya. Aktifitas belajar mengajar dilakukan melalui sejumlah aplikasi seperti Digital Microsoft Teams, Video Conference dan lainnya.

3. Airlangga (UNAIR)

Universitas terkenal selanjutnya yang menerapkan kuliah online adalah UNAIR surabaya, dengan menerbitkan sistem kuliah online yang dirancang dengan memunculkan filter yang disebut BigBlueButton, dimana fitur tersebut memudahkan para dosen berinteraksi dengan mahasiswa. Filter ini memungkinkan pembelajaran dua arah. Dimana dosen melakukan presentasi dan mahasiswa menyimak secara real time, selain itu, ada juga delayed response yaitu proses tanya jawab antara mahasiswa dan dosen setelah penyampaian materi perkuliahan.

4. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Salah satu kampus terkemuka di Indonesia yang sudah menerapkan kuliah online adalah UGM. Kampus ini sudah sangat cepat mengikuti perubahan dalam dunia pendidikan. UGM telah menyiapkan sistem kuliah online melalui webex yang telah dibuat oleh pihak kampus. Langkah tersebut dirancang melalui sebuah situs website yang dinamakan elok.ugm.ac.id yang dapat mewadahi semua aplikasi pembelajaran online.

5. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Penerapan metode pembelajaran kuliah online selanjutnya adalah ITB. Dalam melakukan kuliah online yaitu dengan cara membuat website khusus untuk kuliah online dan membuat layanan khusus terpisah antara dosen dan mahasiswa agar supaya semua pihak dapat mengakses informasi kuliah online dengan mudah.

6. Al Azhar Indonesia

Dari namanya, mengingatkan kita dengan kampus ternama yang ada di Cairo mesir. Di indonesia, universitas Al Azhar Indonesia telah menggunakan metode kuliah dan absensi online dengan sejumlah aplikasi yang tersedia seperti zoom, google classroom, google meet, dan lain sebagainya yang mendukung program kuliah online selama pandemi. Demi mencapai jangkauan pendidikan yang lebih mudah maka diharapkan sistem kuliah online tidak menjadi beban bagi mahasiswa dan terus bisa beraktifitas, produktif di dunia pendidikan.

7. Atma Jaya (UAJ)

Upaya UAJ telah menyediakan sistem kuliah online melalui Website Unika Atma Jaya elearning.atmajaya.ac.id. Sarana kuliah online disini mengikuti sejumlah panduan baru yang telah dibuat. Dengan adanya sistem kuliah online di kampus ini maka para pelajar bisa lebih mudah menerapkan anjuran pemerintah dalam proses belajar selama pandemi Covid-19.

8. Pelita Harapan (UPH)

Upaya UPH menerbitkan salah satu cara kuliah online dengan membentuk layanan aplikasi online untuk konsultasi pembelajaran yaitu www.uph.edu/id/2020/03/13/uph-online-teaching-and-learning-go-live-soon/ dan melalui Whatsapp dan Line.

9. Tarumanegara (UNTAR)

Tak mau ketinggalan dengan kampus – kampus favorit di indonesia yang sudah menerapkan sistem kuliah online. UNTAR meluncurkan sistem kuliah online yaitu membuat website e-learning dengan menggunakan sistem SSO (Single-Sign-on) dengan Office365. Sistem e-learning yang dibuat akan memudahkan kegiatan penyampaian materi dari dosen kepada mahasiswa begitu juga sebaliknya. Pengelolaan sistem kuliah online tersebut sebagian telah terintegrasi dengan “LINTAR” (e-learning Tarumanegara) melalui website service.

10. Gunadarma

Kampus terakhir yang menerapkan sistem kuliah online adalah Universitas Gunadarma. Kampus ini telah membuat website khusus penyediaan informasi kuliah online melalui laman Virtual Class Universitas Gunadarma dengan menggunakan sistem SSO (Single-Sign-on) serta penyediaan modul pembelajaran online yang dapat diakses oleh setiap mahasiswa.

Namun, sistem perkuliahan online ini memiliki beberapa kendala sehingga tidak sedikit mahasiswa maupun dosen mengeluhkan tentang adanya beberapa keterbatasan dalam pembelajaran seperti masalah jaringan internet.

0 Shares