kampus-bergengsi
0 Shares

Berbicara mengenai kualitas pendidikan serta layanan di tingkat universitas swasta di Indonesia tidak kalah daya saingnya dengan kualitas dan layanan pendidikan di universitas negeri. Beberapa universitas swasta di Indonesia ada yang dikenal sangat mahal dalam biaya pendidikannya, sehingga ia dikenal universitas bergengsi karena memang, jenjang pendidikan serta fasilitas yang ditawarkan sangat berkualitas dan tidak main-main bagi para mahasiswanya. Berikut kita simak top 5 universitas swasta bergengsi di Indonesia :

Baca Juga: 10 Negara Mengalami Resesi Ekonomi Akibat Covid-19

1. President University (PresUniv)

Berbicara mengenai universitas dengan akreditasi “A” satu ini, tentu tidak lepas dari kata bergengsi, dilihat dari bangunan gedungnya, sudah kebayang kalau president university ini benar benar menawarkan segudang fasilitas yang luar biasa.

President University merupakan universitas berstandar internasional yang berlokasi di Jababeka Education Park, Cikarang, Jawa Barat. Universitas yang didirikan tahun 2001 ini awalnya merupakan Sekolah Tinggi Teknik Cikarang dan kemudian diresmikan menjadi President University oleh Menteri Pendidikan pada tahun 2004 dengan beberapa jurusan yang ditawarkan seperti, akuntansi, managemen, teknik informatika, dan lainnya.

Lalu, mengapa bisa dibilang bergengsi ? selain melihat budget kulaih per semester sekitar Rp 25.000.000, President University menyedikan komplek asrama yang tidak terlalu jauh dengan kampus, komplek asrama terdiri dari student boarding dan student pavilion dengan fasilitas AC, kamar mandi dalam dan lemari. Sistem pendidikan yang ditawarkan sangat berkualitas yaitu, pertama, President University menerapkan kurikulum berstandar internasional. Kedua, semua mata kuliah di sampaikan menggunakan bahasa inggris, sehingga mahasiswa akan dibiasakan berbicara, menulis, dan berpikir dalam bahasa inggris.

Ketiga, President University menyediakan fasilitas ekstra kulikuler mahasiswa yang menunjang kemampuan mahasiswanya seperti, President Executive Club, Jababeka Gold and Country Club, kolam renang, lapangan tenis, lapangan sepakbola, dan lapangan bola basket. Keempat, mahasiswa President University berasal dari seluruh daerah di Indonesia dan mancanegara seperti Cina, Vietnam, dan lainnya.

Kelima, President Univesity menyediakan program magang maksimum selama 2 semester bagi semua mahasiswa sebagai upaya untuk mempersiapkan mahasiswa menuju kejenjang karier. Kebayangkan gimana rasanya kuliah di kampus bergengsi satu ini ?

2. Swiss German University (SGU)

Ingin kuliah dan diajar langsung oleh dosen bule ? sepertinya tempat yang cocok adalah Swiss German University dengan Akreditasi A. Berlokasi di Jalan Jalur Sutera Barat No.15, Tangerang, Banten. Masuk dalam urutan top 5 universitas bergengsi karena budget yang dibutuhkan setiap mahasiswa sekitar Rp.24.000.000 – Rp.28.000.000 per semester dengan menerapkan standar internasional, kelas intensif yang hanya berisi25 orang, pembelajaran menggunakan bahasa Inggris dan German, serta kurikulum yang terbarukan sesuai dengan perkembangan zaman dan kebutuhan industri.

Selain berada di lingkungan yang kondusif, universitas ini memberikan fasilitas canggih melalui laboratorium teknik, laboratoriumkomputer, replica ruangan hotel, studio, restaurant, laboratorium penelitian, dan lainnya. Bahkan, dosen disini mayoritas didatangkan langsung dari luar negeri. Universitas yang disponsori oleh Yayasan Swiss German ini didirikan tahun 2000 sebagai usaha bersama antara investor swasta dari German dan Indonesia.

Swiss German University menawarkan sistem belajar yang berbeda dengan kampus swasta lainnya yaitu, kursus yang menggabungkan teori dan praktik (magang). Hal tersebut berimplikasi pada semua program dan lulusannya yang diakui secara internasional atau dijuluki sebagai gelar ganda.

Mahasiswa harus menyelesaikan dua program magang selama studi mereka dalam rangka untuk mendapatkan gelar ganda. Pertama program magang akan dilaksanakan di Indonesia dan kedua program magang akan dilaksanakan di luar negeri, umumnya di Swiss atau German dengan sepuluh program jurusan yang ditawarkan seperti administrasi bisnis internasional, komunikasi dan hubungan masyarakat.

3. Universitas Ciputra (UC)

Jika Anda ingin memfokuskan dan menumbuhkan jiwa kewirausahaan Anda, Universitas Ciputra menjadi tujuan yang tepat mengenyam pendidikan entrepreneur. Universitas dengan akreditasi “A” ini didirikan tahun 1990 yang berlokasi di UC Town, Citra Land, Surabaya dibawah naungan Ciputra Group.

Mengapa masuk dalam universitas bergengsi ?biaya yang dikeluarkan per semester tergolong mahal sekitar Rp.9.000.000 – Rp.16.000.000. Namun, fasilitas yang diberikan sangat memadai, seperti ruangan auditorium yang didesain seperti bioskop sehingga terlihat mewah dan nyaman, ada juga student lounge yang disediakan untuk tempat nongkrong dan mengerjakan tugas, dan sederet fasilitas mewah lainnya.

Universitas Ciputra juga menawarkan sistem pendidikan yang berkualitas, pertama, distinguished entrepreneurship education curriculum. Jadi, selama 4 tahun pembelajaran kurikulum setiap jurusan dikemas dengan entrepreneurial spirit sehingga menjadikannya sebuah sistem belajar mengajar yang unik dan mampu meningkatkan keahlian dan kemampuan soft skill mahasiswa pada waktu yang bersamaan.

Kedua, real entrepreneurial experiences, dengan sistem pembelajaran problem and project based learning (pbl), setiap mahasiswa diasah kecakapan ber entrepreneurship melalui proyek mendasar dengan problem nyata. Sistem ini membuat mahasiswa berpikir secara kreatif hingga dapat menciptakan kreasi baru.

Ketiga, national and international networks of Ciputra Group, Universitas ciputra juga berkerjasama dengan institusi pendidikan dalam maupun luar negeri serta organisasi yang bergerak dalam bidang kewirausahaan.

Melalui kerjasama tersebut, mahasiswa akan mendapat kesempatan praktik bahkan mengembangkan jaringannya untuk merintis perusahaan pada masa mendatang. Berbagai program studi ditawarkan seperti International business Management dan Information and Multimedia Technology dan lain sebagainya.

4. UniversitasPelitaHarapan (UPH)

UPH merupakan sebuah perguruan tinggi swasta (Kristen) yang berlokasi di Jalan Boulevard, Tangerang dengan akreditasi A yang didirikan tahun 1994 di bawah Yayasan Pelita Harapan. UPH sangat terkenal dengan lambangnya yaitu burung Rajawali yang berdiri di atas Al-kitab.

Hal tersebut menyatakan bahwa UPH berlandaskan pada falsafah negara Indonesia yaitu, Pancasila dan UUD 1945, serta bercirikan iman Kristiani. Untuk biaya kuliah yang harus dibayarkan setiap mahasiswa per semester yaitu sekitar Rp.9.000.000 – Rp.15.000.000 dengan berbagai program studi yang ditawarkan seperti, Akuntansi, manajemen, sistem informasi, teknik informatika, arsitektur, desain interior, dan lainnya.

Biaya tersebut tidak lepas dari segala fasilitas yang telah disediakan oleh UPH, seperti adanya Student Lounge, UPH TV, UPH Radio, 30 ruang music pribadi, UPH Klinik, UPH Hotel, UPH Restaurant Bar, and Pastry, kolam renang pribadi, museum, studofoto, asrama, dan lain sebagainya yang dapat dinikmati oleh para mahasiswanya. Universitas ini juga tersebar di beberapa daerah di Indonesia seperti Surabaya.

5. Universitas Trisakti

Ingat Tragedi Mei 1998 yang pernah mengguncang Indonesia ?tentu ingat dengan perjuangan para mahasiswa Trisakti. Universitas swasta dengan akreditasi A ini merupakan universitas yang didirikan oleh pemerintah Republik Indonesia tahun 1965.

Universitas bergengsi ini terletak di tengah kawasan padat perkotaan yaitu tepat di Jalan Kyai Tapa, Grogol, Jakarta Barat. Beberapa program studi yang ditawarkan adalah manajemen bisnis global, teknik struktur dan manajemen kontruksi, perancangan arsitektur kota, perbankan, kedokteran, dan lain sebagainya.

Sistem pengajaran pada setiap mata kuliah lebih ditekankan pada penguasaan mahasiswa pada kemampuan analitikal, persepsional, dan konsepsional terhadap berbagai masalah yang dihadapi dalam tantangan pembangunan di era globalisasi.

Besaran biaya kuliah yang dibayarkan juga tidak murah yaitu sekitar Rp.9.000.000 – Rp.12.000.000 per semester, semua itu sebanding dengan kualitas pendidikan yang diajarkan di universitas Trisakti.

Itulah deretan top 5 universitas swasta bergengsi di Indonesia, penilaian kami dalam menuliskan informasi ini didasarkan pada jumlah besaran nominal yang harus dibayarkan oleh setiap mahasiswa per semester.

0 Shares