cara cek iqomah
Pamerkan iqamah yang masih berlaku (Foto: Asma Shufa/reviewnesia.com)
151 Shares

Saat ini semakin mudah cara untuk mengetahui status Iqama (izin tinggal) bagi PMI yang bekerja dengan Syarikah atau Muasasah (perusahaan). Disistem MOL semuanya sudah lengkap dan jika Anda sedang melakukan check Iqama maka akan jelas status keberadaan Anda di Arab Saudi.

Ada 6 kategori warna yang tersedia di dalam sistem mulai dari platinum, hijau tua, hijau sedang , hijau muda, kuning dan merah. Jika berwarna yang paling tinggi maka perusahaan tersebut memiliki banyak tenaga kerja arab saudi, memberikan kontribusi pendapatan yang tinggi bagi kerajaan Arab Saudi dan mendapat lebih banyak keuntungan dari pihak kerajaan. Disini Anda akan mengetahui status pekerjaan kalian masih legal atau sudah di balagh hurub oleh perusahaan.

Baca Juga: 14 Jenis Pelanggaran di Arab Saudi Bagi WNA

Bagi Anda yang ingin mengetahui status Iqama kita merah atau hijau maka kita hanya perlu mengikuti langkah – langkah berikut ini.

  1. Kunjungi website resmi Kementerian Ketenagakerjaan (MOL website pelayanan)
  2. Anda bisa mengganti bahasa di halaman tersebut dengan menggunakan translate di browser
  3. Ada 3 pilihan yang bisa Anda pilih, cukup satu saja
    a. Nomor Penerbangan  b. Nomor Iqama c. Nomor Paspor
  4. Kami menyarankan untuk memasukan nomor Iqama
  5. Pilih warga negara
  6. Masukan kode verifikasi
  7. Lalu klik tombol pencarian
  8. Anda akan melihat keseluruhan hasilnya mulai dari status pekerjaan, status perusahaan dan klasifikasi perusahaan
8 Cara Mudah Cek Status Iqama
Langkahnya sangat mudah sekali (Foto: Talabul Amal/reviewnesia.com)

Setelah melakukan pengecekan disistem tersebut maka Anda akan mengetahui status keberadaan Anda di Arab Saudi, apakah sudah balagh hurub atau masih bekerja dengan kafil (sponsor). Sayangnya untuk pengecekan Iqama bukan kafil perusahaan masih belum bisa.

8 Cara Mudah Cek Status Iqama
Status pekerjaan di arab saudi (Foto: Talabul Amal/reviewnesia.com)

Pada bagian worker case jika Anda masih bekerja maka akan tertulis on the job tetapi jika sudah di balagh hurub maka akan tertulis absent from work. Ada beberapa kasus berbeda misal syarikah merah namun belum di balagh hurub atau Iqama habis masa berlaku maka Anda harus datang ke maktab amal untuk membuat laporan dan mengisi istimara (formulir) dan datang ke perwakilan meminta stempel. Setelah proses panjang ini selesai Anda cukup datang ke shumaysi gedung 6 untuk pengurusan exit.

151 Shares