restoran indonesia di jeddah
Sambil menunggu makanan kita sambil selfi dulu (Foto: Asma Shufa/reviewnesia.com)
224 Shares

Sebagai warga Negara Indonesia yang tinggal di luar negeri pasti akan ada masa dimana merindukan makanan khas Indonesia bukan ?. Cita rasa rempah-rempah yang sangat khas berpadu dengan berbagai hidangan menu cita rasa nusantara tentu tidak dapat menjauhkan kita dari makanan khas Indonesia walaupun kita bepergian ataupun tinggal menetap di luar negeri.

Jangan salah, di luar negeri, salah satunya di Arab Saudi, Anda tetap akan dimanjakan dengan makanan dengan cita rasa nusantara, yang membuat lidah tergiur karena di Arab Saudi juga tidak sedikit warga Negara Indonesia yang tinggal disana. Salah satunya Kota Jeddah, yang merupakan salah satu kota besar di Arab Saudi yang padat akan Warga Negara Indonesia (WNI). Oleh karena itu, banyak sekali pilihan-pilihan rumah makan khas Indonesia yang terdapat dikota ini. Yuk cari tahu apa saja sih daftar restoran indonesia dengan menu nusantara yang bisa dicoba ketika merindukan makanan khas Indonesia ataupun ketika sedang berkunjung ke Arab Saudi :

1. Surabaya Garden

surabaya garden
Masih baru boleh dong ajak semuanya menikmati kuliner indonesia disini (Foto: surabayagardenksaig /reviewnesia.com)

Membaca namanya saja sudah bisa ditebak kalau restoran satu ini pasti menjual menu makanan khas Indonesia. Restoran ini merupakan restoran Indonesia atau  biasa disebut dengan JAVANESE FOOD. Restoran ini memiliki 2 lantai. Lantai pertama atau lantai dasar untuk kita yang apabila  kesananya sendirin atau berdua saja. Jika dilantai atas untuk kita yang membawa keluarga atau teman – teman karena lantai atas jauh lebih luas.

Baca Juga:
8 Restoran Indonesia di Jeddah Terbaru
7 Fakta Menarik Restoran ALBAIK

Lokasi restoran Surabaya Garden ini tepat di Amna Bint Wahb Street, Al Naeem, Alrahma centre district 4, Jeddah 23621.  Nah, bagi Anda yang tinggal di daerah Al Naeem bisa banget nih kunjungi restoran ini.  Menu makanan Indonesia yang disediakan di restoran inipun cukup lengkap seperti nasi campur, sate, rendang, gado-gado, ayam opor dan masih banyak lagi. Di karenakan adanya pandemi maka restoran ini menggunakan scan  bar code untuk  para pengunjung melihat menu yang ada di Surabaya Garden ini.  Hal  ini dilakukan  untuk mencegah penyebaran covid19. Gimana ? semakin ingin mencoba restoran Indonesia yang satu ini kan ?.

2. Bakso Mang Oedin

bakso mang oedin
nah menu baksonya paling istimewa (Foto: irwantheaig/reviewnesia.com)

Siapa yang tidak tahu bakso legendaris di Arab Saudi satu ini. Restoran ini merupakan restoran yang berdiri cukup lama dan sangat terkenal karena tempatnya yang strategis yaitu di tengah pusat perbelanjaan. Aksesnya sangat mudah ditemukan membuat Bakso Mang Oedin ini terus dipadati pengunjung. Anda tentu akan dapat dengan mudah melihat dari jalan raya Areal Balad.  Jadi, apabila kita sudah lelah berkeliling belanja kita bisa istirahat sejenak sambil menikmati makanan-makanan khas Indonesia serta minuman-minuman segar yang disediakan di Bakso Mang Oedin ini. 

Sesuai dengan nama dari restoran ini yaitu Bakso Mang Oedin, jadi rasa dari menu bakso satu ini tidak usah diragukan lagi dan sangat direkomendasikan. Tidak hanya menjual baksonya yang legendaris itu, tetapi masih ada menu- menu yang lain juga seperti mie ayam bakso, pempek, gado-gado dan masih banyak lagi.

Area makan di restoran ini hanya memiliki satu area saja yaitu dilantai dasar. Dengan begitu membuat suasana restoran ini seperti layaknya warung-warung bakso pada umumnya dan yang pasti setiap harinya ramai, apalagi diakhir pekan pembeli bisa berlipat ganda lebih banyak dari pada hari-hari biasanya. Pengunjung  yang sering datang ke restoran ini bukan hanya WNI yang tinggal di Arab Saudi saja. Namun, jamaah umrah atau haji yang datang dari Indonesia pun sama-sama menikmati bakso yang khas dari restoran ini. Lokasi restoran Bakso Mang Oedin ini yaitu di Baishin, Al Balad, Corniche Commersial center, Jeddah 22233.

3. Balado Restoran

balado resto jeddah
Terlihat remaja indonesia sedang menunggu pesanan (Foto: Asma Shufa/reviewnesia.com)

Restoran satu ini juga tidak kalah menarik dan terkenal dari Bakso Mang Oedin, walaupun baru, tempat ini tidak pernah sepi pengunjung. Menjadi menarik dan sangat terkenal karena menu yang terdapat di restoran ini cukup nikmat dan menggugah selera. Tidak hanya itu, suasana tempat restoran yang nyaman dan bagus untuk spot berfoto pastinya membuat para pengunjung semakin ingin mengunjungi restoran satu ini. Walaupun tempat ini dibilang restoran atau rumah makan tapi kita merasa sedang ada di cafe karena desain yang terdapat didalamnya.

Berbagai macam makanan khas Indonesia tersedia disini. Namun, menu spesial yang mereka keluarkan saat ini yaitu menu bakso dengan berbagai macam rasa seperti bakso mercon, bakso keju, bakso jamur, bakso beranak, dan masih banyak lagi jenis bakso lainnya. Yang menjadi hal menarik yaitu Anda bisa memilih langsung bakso yang Anda inginkan dan juga bisa mengambil porsi mie sendiri sesuai dengan porsi yang Anda inginkan. Anda juga dapat meminta kepada waiters untuk menuliskan nama Anda di mangkuk bakso yang Anda pesan.  Lokasi restoran  ini sama seperti beberapa lokasi restoran Indonesia lainnya yang membuat beda yaitu restoran ini berada di dalam Corniche commercial center lebih tepatnya di lantai 1 Al Balad, Jeddah.

4. Keraton 

keraton jeddah
Elegan dan isitmewa sangat cocok bagi yang sedang bulan madu atau bawa gebetan (Foto: keraton.saig/reviewnesia.com)

Restoran ini merupakan restoran paling unik dan mewah diantara restoran Indonesia lainnya yang ada di Jeddah Arab Saudi. Yang membuat unik dari restoran ini karena desain interior yang terdapat didalamnya. Sesuai dengan  nama dari restoran  ini yaitu KERATON, yang berarti tempat tinggal raja, jadi bisa Anda bayangkan desainnya seperti kerajaan. Apabila kita mendengar istilah itu berarti kita teringat dengan suatu pulau di Indonesia yaitu Pulau JAWA.

Dilihat dari setiap pelayan restoran disini mereka memakai baju khas jawa lengkap dengan blangkonnya. Dan yang membuat menarik juga yaitu disini terdapat alat musik gong yang sangat besar di pajang di depan pintu masuk restoran ini. Dan dibunyikan setiap ada pelanggan yang datang.  Hal itu dapat mengenalkan budaya Indonesia kepada para pengunjung yang datang kesini. Pegunjung  yang datang  bukan hanya Warga Negara Indonesia (WNI) saja, melainkan warga Arab Saudi pun berkunjung sekaligus menikmati makanan khas Indonesia. Sambil menikmati makanan khas Indonesia mereka juga mendengarkan iringan lagu gamelan jawa.

Masalah rasa dari setiap menu di restoran ini tidak perlu diragukan lagi. Setiap menu  yang terdapat disini dihias dengan sedemikian rupa loh sehingga setiap makanan terlihat cantik pada saat dihidangkan dan juga akan menambah selera makan pengunjung. Menu yang terdapat disana yaitu salah satunya rujak udang jeruk bali, gado-gado, bebek goreng, dan masih banyak lagi. Lokasi restoran Keraton ini yaitu Emaar, King Abdullah Road, Al Fayha’a, Jeddah 22241.

5. Kampoeng Melayu

kampoeng melayu
Para ibu ibu sedang menikmati kelezatan menu makanan (Foto: Asma Shufa/reviewnesia.com)

Restoran ini merupakan restoran cabang kedua dari restoran Wong Solo yang ada di balad, Jeddah. Namun, hanya memiliki perbedaan pada nama  restorannya saja. lokasi dari restoran Kampoeng Melayu ini yaitu di 4821 King Abdullah Branch Rd, Ash Sharafiyah District, Jeddah 22234 8609. Restoran ini dekat dengan restoran indonesia lainnya yaitu  restoran batavia. Restoran ini juga  dekat dengan restoran cepat saji seperti Pizza Hut, Al baik, dan Papa John. Jadi, bisa Anda bayangkan jika lokasi restoran ini begitu strategis. Jadi, memudahkan kita untuk menemukannya serta mengunjunginya kembali.

Restoran ini memiliki 2 lantai. Dan desain dari restoran ini tak kalah bagusnya dengan restoran-restoran lainnya. Tembok yang di desain dengan corak batu bata disertai meja makan dan kursi yang berbahan kayu menjadikan tempat ini sangat nyaman sambil menikmati segala menu  makanan disana. Restoran ini sangat luas sehingga bisa menampung pengunjung sekitar 100-150 orang. Yang menjadi makanan favorit di restoran ini yaitu seafoodnya seperti ikan kukus dan ikan saus mangga. Selain itu ada paket rendang, daging lada hitam, dendeng, dan masih banyak lagi. Dan berbagai jenis minuman pun lengkap disana. Untuk harga setiap menu sangat terjangkau mulai dari harga 7 sr hingga 80.

6. Pasundan Restoran

pasundan restoran
Tidak hanya masakan sunda namun ada juga lho masakan lainnya (Foto: fastly.4sqinet/reviewnesia.com)

Banyak yang menyebutkan restoran ini merupakan restoran khas Sunda.  Hal  ini dikarenakan nama dari restoran ini yaitu pasundan dimana pasundan ini yaitu sebutan bagi orang yang berasal dari jawa barat (sunda).  Restoran ini merupakan restoran yang bisa di bilang simple namun cukup luas. Disana terdapat 2 lantai. Masalah rasa ? tidak perlu khawatir karena dari setiap menunya tidak pernah berubah rasa, tetap nikmat dan menggugah selera.

Lokasi dari restoran ini yaitu di 7610 Muhammad Ibn Abdulwahab, Al Baghdadiyah Ash Sharqiyah District, Jeddah 22235 4983, Saudi Arabia. Lokasi restoran ini pas berada di pinggir jalan. Oleh karena itu, mudah bagi kita untuk mengunjunginya. Cukup banyak Warga Negara Indoensia (WNI)  yang tinggal di daerah ini. Karena lokasi ini dekat dengan lokasi SILN Sekolah Indonesia Jeddah yang lama. Dan juga restoran ini dekat dengan toko Indonesia atau asian food. Jadi, banyak sekali WNI yang mengunjungi restoran ini serta menikmatinya.

Menu favorit atau menu andalan dari restoran pasundan ini  yaitu ayam bakar dengan bumbu khas sunda yang sangat lezat serta cocolan sambel terasinya. Harga setiap menu dari restoran inipun cukup murah meriah. Jadi, jangan heran apabila pengunjung restoran ini selalu ramai. Restoran ini juga melayani catering bagi kita yang  ingin  memesan salah satu menunya dalam jumlah banyak. Untuk masyarakat Pasundan yang tinggal di Arab Saudi maupun yang akan bepergian ke Arab Saudi bisa banget nih untuk nyobain restoran satu ini.

7. Dendeng Restoran

dendeng restoran jeddah
Porsinya banyak banget guys, yuk cobaik kesini (Foto: aymanaboulezig/reviewnesia.com)

Jika kita lihat atau kita dengar dari nama restoran ini. Pasti kita sudah tau bahwa restoran ini adalah restoran indonesia. Karena nama dendeng itu sendiri merupakan makanan khas dari sumatera barat, Indonesia yang terbuat dari olahan daging dicampuri kelapa. Lokasi restoran ini yaitu di Hiraa Street, Al Zahra, Jeddah. Dimana lokasi restoran ini merupakan lokasi yang padat akan restoran-restoran, supermarket, dah bahkan toko pakaian. seperti halnya restoran ini juga berdekatan dengan restoran mesir, restoran turki, Mcdonald, dan beberapa restoran lainnya bahkan beberapa cafe.

Restoran ini kerap dikunjungi warga Arab Saudi. Hal ini karena lokasinya berdekatan dengan restoran arab. Menu yang tersedia di restoran ini sangat banyak. Menu favorit yang terdapat disini  yaitu menu dendeng sesuai dengan nama restorannya. Rasa dari dendeng itu sediri sangat enak, renyah dengan bumbu khas dari Sumatera Barat. Restoran ini cukup luas dengan satu lantai saja. 

224 Shares