Restoran Indonesia di Jeddah
220 Shares

Setelah Makkah dan Madinah yang menjadi tujuan kota wisata ibadah. Maka Jeddah menjadi salah satu kota yang menawarkan berbagai tempat belanja dan ragam wisata kuliner bagi WNI yang bekerja dan jamaah umroh dari Indonesia. Bahkan, saking banyaknya pilihan, Anda pasti akan kebingungan mencari tempat makan seperti apa di kota Jeddah yang paling pas dengan selera anda. Selain menu, suasana dan kenyaman restoran menjadi hal penting untuk diperhatikan.

Untuk memudahkan anda melakukan petualangan kuliner di Jeddah, berikut 8 restoran indonesia di jeddah yang kami rekomendasikan bisa menjadi tempat pilihan makan terbaik saat berada di kota Jeddah.

1. Batavia

Batavia Jeddah
Banyak orang Indonesia dan Warga Arab Saudi yang menyukai menu makanan disini (Foto: Talabul Amal/ reviewnesia.com)

Dari namanya, Anda sudah menduga restoran ini akan menyediakan banyak menu makanan Indonesia khususnya menu betawi seperti soto betawi dan kerak telor, Jika Anda mencari kuliner sajian lezat sekaligus suasana yang modern, datang saja ke Batavia. Tempat wisata kuliner Indonesia ini berada lokasi premium district Syarafiyah yaitu area padat penduduk, berdekatan dengan Albaik, McDonald dan Burger King. Anda akan disuguhi tidak hanya makanan lezat tapi juga view alam dan suara gemercik air yang menenangkan.

Baca Juga: 14 Jenis Pelanggaran di Arab Saudi Bagi WNA

Tempat makan disini di bagi menjadi tiga area, yaitu ruang VIP, ruang makan family serta area makan utama. Di mana masing-masing meja didekorasi dengan gaya klasik moderen, di tata dengan rapi, dinding – dinding dihiasi lukisan sehingga mengingatkan Anda tentang indahnya kota Batavia.

Soal rasa, Anda jangan meragukan kelezatan menu racikan chef Batavia Restoran. Salah satu menu favorit pengunjung adalah ragam kuliner tradisional Indonesia seperti nasi goreng dan semur jengkol. Selain itu, ada juga masakan eastern yang tak kalah lezat seperti tomyam. Setelah berkunjung ke wisata kota Jeddah, pastikan Anda tidak melewatkan waktu untuk mampir menikmati menu di Batavia Restoran.

2. Wong Solo Jeddah

Wong Solo Jeddah
Terlihat para tamu Allah sedang menikmati makan malam (Foto: Talabul Amal/ reviewnesia.com)

Anda pencinta masakan tradisional Indonesia ? Jika iya, wajib rasanya untuk mampir ke restoran Wong Solo Jeddah yang masih berlokasi di kawasan Chorniche Jeddah atau Balad. Mulai dari dekorasinya, Wong Solo di dominasi arsitektur ala Indonesia, dari mulai corak cat dinding dan interior ukiran. Selain itu, Anda tidak hanya dimanjakan makanan maknyus tapi juga view kota menakjubkan dari jendela kaca.

Suasana makan di Wong Solo pun cukup nyaman, sebelum memesan, ada baiknya Anda menanyakan kepada pramusaji untuk mengetahui masakan favorit apa yang tersedia, karena menu-menu Wong Solo kebanyakan sudah habis terjual sebelum tutup.

Tak diragukan lagi, restoran ini sudah banyak membuka cabang dimana – mana. Wong Solo berada di salah satu pusat lokasi oleh – oleh terbesar di kota Jeddah. Wisata kuliner ini banyak didatangi warga lokal maupun jamaah umroh yang sedang mencari oleh-oleh untuk keluarga di Indonesia.

Salah satu sajian menarik, menu prasmanan nasi putih beserta lauk yang beragam, dari daging ayam, daging sapi, dan ikan. tak hanya itu, sambal ijo pedas Wong Solo menambah sensasi maknyus penikmat kuliner ini. Ada juga minuman es cendol dan es doger yang tak boleh dilewatkan. Terkadang Anda harus mengantri cukup panjang demi mendapatkan menu prasmanan yang selalu disajikan.

3. Jakarta Oriental

Jakarta Oriental Jeddah
Hidangan menu makanan disini sangat cocok jika membawa pasangan (Foto: jakartaorientalig/ reviewnesia.com)

Salah satu restoran terbaik yang menyajikan makanan menu indonesia adalah Jakarta Restoran. Tempat ini berlokasi di kawasan elit, tepatnya di Aziziyah, berdekatan dengan IKEA, banyak orang Arab yang datang untuk menikmati menu makanan Indonesia disini. Dinamakan Jakarta restoran karena pemilik sangat cinta masakan-masakan Indonesia.

Tempat paling disukai pengunjung saat menikmati kuliner disini adalah di lantai dua ruang keluarga, terutama saat malam hari dengan lampu yang remang-remang membuat suasana semakin romantis saat makan malam dengan pasangan.

Spot lain yang tak kalah menarik adalah ruang – ruang restoran ini dirancang cukup apik, terdapat meja bundar, meja panjang untuk makan beramai-ramai.

Jika Anda mengunjungi restoran ini, Anda wajib mencoba menu gado – gado, bermacam sayuran di rebus dijadikan satu dengan bumbu kacang yang di irisi telur rebus, kentang dan kerupuk membuat Anda tak akan pernah bosan dengan menu satu ini.

4. Cangkuang

Cangkuang Jeddah
Malam hari sangat cocok menikmati nasi goreng dengan pasangan (Foto: Talabul Amal/ reviewnesia.com)

Tempat makan yang sayang untuk dilewatkan saat mengunjungi Jeddah adalah Cangkuang, dulunya restoran ini bernama Rasella. Mengunjungi restoran ini paling tepat dilakukan bersama teman atau rekan kerja.

Suasana berlahap di Cangkuang cukup ramai karena terletak di pusat Balad, salah satu tempat perbelanjaan yang tak pernah sepi pengunjung, disini juga menyajikan menu prasmanan yang tak kalah menarik, tentunya dengan harga yang sangat terjangkau.

Restoran ini identik dengan aneka menu nasi goreng atau mie goreng, seperti nasi goreng ati ampela, nasi goreng udang dan ada juga mie goreng mawut dan sebagainya.

5. Garuda Restoran Jeddah

garuda restoran jeddah
Suasana makan siang jamaah umroh indonesia (Foto: puspitaoktoranyig/ reviewnesia.com)

Restoran recommended selanjutnya di Jeddah adalah Garuda, restoran ini cukup terkenal bagi WNI yang ada di Jeddah karena lokasinya yang berada di Balad juga. Anda akan di sambut dengan interior seperti kaki lima di Indonesia yang begitu sederhana, sekaligus menyaksikan hebatnya para koki dalam menyiapkan pesanan.

Garuda mempunyai dua area makan, yakni deket dengan ruangan koki dan kasir dan jauh begitu pas untuk anak muda sambil ngobrol bebas melihat pemandangan di luar. Restoran ini mempunyai tata dekorasi ruang yang berdekatan, yakni antara meja satu dengan meja lainnya sangat dekat, karena tingginya minat pengunjung untuk dapat menikmati suasana seperti warung kaki lima di indonesia.

Berkuliner di sini, Anda akan merasakan makan di tengah sibuknya Jeddah karena restoran ini kerap kali jadi serbuan pengunjung terutama saat hari libur dan musim umroh atau musim haji. Soal sajian salah satu menu favorit pengunjung yang datang adalah nasi campur dengan bermacam lauk di atasnya.

6. Bahrawi Resto Asia Food

Bahrawi Resto
Berlokasi di tengah pusat kota, restoran ini sangat mudah di jangkau (Foto: Talabul Amal/ reviewnesia.com)

Jika Anda mencari kuliner khas Asia yang menawarkan sajian lezat sekaligus suasana yang sederhana dan nyaman, datang saja ke Bahrawi Resto Asia Food. Tempat ini berlokasi kawasan Palestin Street dekat dengan pusat belanja HP, memiliki struktur bangunan rumah toko yang sederhana.

Restoran ini memiliki dekorasi simple yang tetep khas dengan gaya nusantara, furnitur, serta bangunan gedung itu sendiri yang memadukan khas gaya ketimuran dan ke araban.

Menu favorit pengunjung adalah sate dan tomyam. Selain itu, ada juga menu masakan lain yang tak kalah lezat seperti daging panggang, capcay, mi goreng dan sebagainya.

7. Rindu Alam Restoran Jeddah

rindu alam
Kecil tapi setiap harinya ratusan pembeli menghampiri restoran sederhana ini (Foto: Talabul Amal/ reviewnesia.com)

Bosan dengan suasana restoran yang itu-itu saja? Restoran yang banyak didatangi orang Indonesia selanjutnya adalah Rindu Alam. Tempatnya yang tidak begitu luas. Namun, banyak menu makanan yang selalu siap disajikan dan tentu saja makanan disini seperti masakan rumah. Jadi, bisa mengobati kerinduan dengan masakan ibu di kampung halaman.

Berlokasi di Syarafiya, Restoran ini berdekatan dengan RS Abeer dan beberapa toko indonesia, di lokasi ini juga banyak WNI yang tinggal menetap sebagai pekerja profesional dan guru sekolah.

Menu favorit di tempat wisata kuliner ini tentu saja pempek palembang. cita rasa yang khas membuat restoran ini sering di banjiri orderan seperti open house atau acara-acara syukuran.

8. Jakarta Bang Ipung

Jakarta bang ipung
Tempat makan yang pas ketika sedang menunggu pelayanan dari KJRI Jeddah (Foto: Talabul Amal/ reviewnesia.com

Last but not least, tempat ini berlokasi di al rehab seberang kantor KJRI Jeddah yang memiliki nuansa nyaman, dengan ruang yang tidak begitu besar, kursi-kursi kayunya di tata rapi dengan pilihan bersantap di pinggir jalan seperti angkringan di kota Jogja tapi dengan gaya tongkrongan Jeddah.

Di sini, Anda harus memesan makanan di kasir, pengunjung juga akan merasakan layaknya makan di tengah sibuknya orang – orang yang sedang mengurus dokumen kekonsuleran, keimigrasian dan ketenagakerjaan. Tempa ini kerap dipadati pengunjung terutama saat jam makan siang atau jam istirahat. Bersebalahan dengan masjid menjadikan daya tarik tersendiri bagi pengunjung.

Menu utama di tempat ini adalah nasi bebek madura dan sate madura yang kebetulan pemiliknya juga berasal dari madura, cita rasa khas nya yang terkenal sudah tidak diragukan lagi. Ada juga menu lainnya seperti nasi campur, mie ayam dan nasi lalapan juga menjadi salah satu menu favorit. Menghabiskan waktu di tengah – tengah keperluan mengurus dokumen sambil nongkrong di restoran ini tentu lebih menyenangkan dan mengenyangkan.

220 Shares