Gunung Semeru dan Tumpak Sewu
Mendaki gunung tidak seberat yang dibayangkan, masih ada gunung yang mudah di taklukan (Foto:gunungindonesiaig/ reviewnesia.com)
4 Shares

Bagi sebagian orang, menghabiskan waktu dengan mendaki gunung mungkin adalah hal yang sangat menyenangkan. Bahkan, trek yang terjal dan berbahaya sekalipun mereka lalui demi mencapai yang namanya sebuah puncak. Tidak dapat dipungkiri, terkadang ada sebagian orang yang ingin memulai hobi untuk mendaki gunung namun masih cukup awam (pemula). Apalagi dengan barang bawaan berat dan trek yang cukup berbahaya menambah rasa takut mereka untuk melangkah mendaki gunung. Untuk memacu semangat mereka yang masih pemula mendaki gunung, berikut 15 rekomendasi gunung untuk pendaki pemula versi tim reviewnesia: 

1. Gunung Prau

Gunung Prau
Treknya sangat mudah, tidak terjal dan tinggi. Terletak di dataran tinggi dieng menjadikan gunung Prau cocok banget buat pendaki cewek – cewek (Foto: prau_mountainig/reviewnesia.com)

Gunung Prau merupakan gunung yang paling direkomendasikan bagi pendaki yang masih pemula. Treknya terbilang cukup mudah, tidak terlalu terjal, dan juga tidak terlalu tinggi yakni 2.565 mdpl. Gunung yang terletak di kawasan Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah ini tidak pernah sepi pengunjung. Terutama para wanita. Rute yang paling mudah dilewati oleh para pendaki pemula adalah via Patak Banteng. Akan tetapi, resikonya rute ini sering macet karena banyak sekali para pendaki yang memilih rute ini. Gunung Prau begitu menjadi favorit bagi banyak pendaki karena memiliki puncak terluas di Indonesia.

Baca Juga: 7 Tips Wajib Sebelum Mendaki Gunung

Puncak ini juga bisa dijadikan tempat untuk mendirikan tenda sambil menikmati matahari terbit dan juga terbenam. Sudah pasti dengan pemandangan yang sangat indah. Kita bisa mencapai puncak Gunung Prau sekitar 3 jam waktu tempuh. Kebayang kan menikmati matahari terbit di puncak gunung yang indah bareng dengan teman-teman?

2. Gunung Papandayan

Gunung Papandayan
Papandayan terbilang landai dan dilengkapi dengan fasilitas toilet bagi para pendaki, Yuk ajak pasangan kesini (Foto: backpacker.garutid/ reviewnesia.com)

Gunung ini Terletak di Garut, Provinsi Jawa Barat. Tidak kalah favorit dengan gunung lain bagi para pendaki pemula dengan ketinggian 2.665 mdpl. Papandayan memiliki trek yang terbilang landai dan sudah dilengkapi dengan fasilitas toilet bagi para pendaki dan juga warung makan. Menghabiskan waktu sekitar 4 jam, kita sudah dapat mencapai Puncak Papandayan. Para pendaki juga disuguhi dengan Padang Savanna Edelweis yang sangat luas di Tegal Alun. Selain itu, para pendaki juga dapat menikmati waktu bersantai di kawasan Hutan Mati yang ada di Papandayan. 

3. Gunung Gede

Gunung Gede
Masih terletak di lingkungan gunung pangrango, gunung ini memliki padang savana Edelweis (Foto: gununggedepangrangoig/ reviewnesia.com)

Gunung Gede yang terletak di wilayah Cibodas, Jawa Barat memiliki rute yang relatif pendek bagi para pendaki dengan ketinggian sekitar 2.958 mdpl. Gunung ini masih berada di lingkungan Taman Nasional Gede Pangrango. Sebenarnya gunung ini dapat dilewati melalui dua jalur yaitu melalui Cibodas dan Cipanas. Selain itu, Gunung Gede juga memiliki Padang Savanna Edelweis yang cukup luas di Padang Surya Kencana. Kita akan mendapatkan pemandangan yang luar biasa indah berupa air terjun Ciebereum. Pada jalur pendakian, kita juga dipertemukan dengan sumber air panas yang dapat kita kunjungi langsung. Namun, jika kita ingin mencapai puncak Gunung Gede kira-kira membutuhkan waktu tempuh sekitar 6 jam. Kebayang kan mendaki gunung sambil menikmati indahnya pemandangan alam lainnya?

4. Gunung Andong

Gunung Andong
Dari sini kita akan dimanjakan mata di atas awan melihat gunung – gunung indaj lainnya (Foto: gunungandongig/ reviewnesia.com)

Gunung yang terletak di Magelang, Jawa Tengah ini juga tidak ketinggalan dalam daftar gunung yang direkomendasikan untuk pendaki pemula. Gunung dengan ketinggian 1.463 mdpl ini sangat populer di kalangan para pendaki karena jalur pendakiannya yang sangat ringan. Hanya butuh waktu tempuh sekitar 2 jam untuk sampai di puncaknya. Gunung Andong ini sangat terkenal dengan Samudera Awan di Puncak Makam dengan latar belakang Gunung Telomoyo, Gunung Merbabu, Gunung Merapi, Gunung Sumbing, dan Gunung Prau yang tampak dari kejauhan. 

5. Gunung Batur

Gunung Batur
Trek nya yang tidak terlalu curam, hanya 2-3 jam sangat cocok buat kalian yang ingin suasana pegunungan (Foto: gunungbaturlumbirig/ reviewnesia.com)

Gunung yang terletak di wilayah Kintamani, Bali ini tidak disangka juga menjadi gunung yang sangat populer bagi para pendaki pemula. Gunung dengan ketinggian 1.717 mdpl ini memiliki trek pendakian yang sangat singkat, yaitu 2 sampai 3 jam menuju puncak. Treknya juga tidak terlalu curam, sehingga tidak begitu memicu adrenalin. Para pendaki yang telah sampai di puncak akan disuguhi dengan pemandangan Danau Kintamani.

6. Gunung Penanggungan

Gunung Penanggungan
Tepatnya di Mojokerto, meskipun jalur seditkit terjal tapi temen temen akan terpesona dengan keindahannya (Foto: penanggunganmountainig/ reviewnesia.com)

Pesona gunung yang memiliki pemandangan indah ini bisa Anda kunjungi di wilayah Mojokerto, Jawa Timur dengan ketinggian 1.653 Mdpl. Anda bisa mencapai puncak Gunung Penanggungan dengan waktu tempuh selama kurang lebih 4 jam melalui jalur Tamiajeng di wilayah Trawas. Namun, Anda harus tetap berhati-hati dalam mendaki gunung ini dikarenakan jalurnya yang cukup terjal.

7. Gunung Ijen

Gunung Ijen
Ingin melihat kawah , yuuk datang kesini dan akses nya gampang banget (Foto: Syelda Titania/ reviewnesia.com)

Gunung Ijen yang terkenal dengan keindahan kawah dan blue fire ini terletak di Banyuwangi, Jawa Timur dengan ketinggian 2.443 Mdpl. Anda dapat menempuh Gunung Ijen dan menemukan keindahan kawahnya dengan waktu sekitar 2 jam melalui basecamp Paltuding. Ketika sampai di lokasi, Anda juga dapat menemukan banyaknya pekerja tambang belerang yang sibuk melakukan pengangkutan belerang untuk diolah. Seperti halnya dijadikan souvenir atau buah tangan yang bisa Anda beli ketika mengunjungi Gunung Ijen.

8. Gunung Panderman

Gunung Panderman
Pemandangan dari gunung panderman sangat menarik, karna dari sini Kota Batu dan Kota Malang terpampang keindahaan nya di malam hari (Foto: panderman_buthakig/ reviewnesia.com)

Jika Anda pernah berkunjung atau bertempat tinggal di Kota Batu, Jawa Timur, Anda tidak akan asing dengan gunung satu ini. Gunung dengan ketinggian 2.000 Mdpl ini bisa Anda tempuh dengan waktu pendakian kurang lebih 2 jam. Tetapi, Anda harus tetap berhati-hati jika Anda mendaki gunung ini karena ada beberapa trek yang lumayan terjal dan tidak landau. Sehingga membutuhkan tenaga yang ekstra. Selain itu, berhati-hatilah dengan banyaknya monyet yang masih berkeliaran di perjalanan pendakian menuju puncak Gunung Panderman ini. Panderman memiliki keindahan puncak gunung yang begitu luar biasa, tidak kalah dengan Gunung Penanggungan. Anda bisa melihat Gunung Arjuno, Gunung Buthak, dan juga Gunung Welirang dari puncak Panderman.

9. Gunung Buthak

Gunung Buthak
Terdapat sabana yang sangat cantik, cocok banget sambil bawa pasangan (Foto: panderman_buthakig/ reviewnesia.com)

Gunung yang terletak di wilayah Kabupaten Malang, Jawa Timur ini belum begitu terdengar di telinga para pendaki pemula. Gunung dengan ketinggian 2.868 Mdpl ini memiliki tingkat kesulitan yang sedang sehingga cocok dijadikan referensi gunung pendakian untuk pemula. Anda hanya perlu menempuh pendakian dengan waktu 2 jam dan bisa dilakukan via Panderman karena memang kedua gunung tersebut berdekatan. Gunung Buthak juga memiliki keindahan sabana yang cantik dan luas yang bisa digunakan untuk mendirikan tenda.

10. Gunung Lawu

Gunung Lawu
Sangat ramah buat pendaki pemula, dan ada warung makan nya lho (Foto: lawumountainig/ reviewnesia.com)

Gunung dengan ketinggian 3.265 Mdpl ini terletak di wilayah Karanganyar, Jawa Tengah ini sangat terkenal di kalangan pendaki dan terkenal ramah juga untuk pendaki pemula. Trek pendakian Gunung Lawu ini memang terbilang relatif mudah dan aman. Trek yang paling terkenal mudah dan waktu tempuhnya singkat ialah via Cemoro Sewu. Gunung Lawu juga memiliki warung Mbok Yem yang begitu terkenal yang bisa Anda temui di pos 5 sebelum Anda menuju puncak Gunung Lawu.

11. Gunung Ungaran

Gunung Ungaran
Gunung ini memiliki trek yang sangat mudah namun ketika menuju puncak trek nya lumayan terjal (Foto: aidrus_asy/ reviewnesia.com)

Warga Semarang dan sekitarnya tentu sudah tidak asing lagi mendengar Gunung Ungaran ini kan? Gunung dengan ketinggian 2.050 Mdpl bisa Anda tempuh dengan waktu sekitar kurang lebih 4 jam pendakian. Trek gunung ini awalnya landau dan mudah, namun ketika mendekati puncak trek pendakian akan sangat menantang dan terjal. Anda sebagai pendaki pemula harus berhati-hati ya.

12. Gunung Parang

15 Rekomendasi Gunung untuk Pendaki Pemula Terbaru
Gunung ini dilengkapi dengan tangga besi yang telah dipasang pada dinding-dinding batu andesit (Foto: nurushifa/ reviewnesia.com)

Pasti sebagian dari Anda baru mengetahui tentang gunung satu ini. Gunung dengan ketinggian 963 Mdpl ini terletak di Purwakarta, Jawa Barat ini terkenal dengan jalur pendakian yang sangat unik yaitu Via Ferrata. Gunung ini memiliki jalur pendakian yang dilengkapi dengan tangga besi yang telah dipasang pada dinding-dinding batu andesit. Jika Anda mengunjungi gunung satu ini, Anda tentu akan dilengkapi dengan alat penunjang keamanan seperti tali pengaman dan helm pelindung.

13. Gunung Sibayak

Gunung Sibayak
Tidak hanya puncaknya tapi gunung ini juga menawarkan keindahan kawahnya (Foto: mountsibayak/ reviewnesia.com)

Gunung dengan ketinggian 2.212 Mdpl ini terletak di wilayah Berastagi, Medan Sumatera Utara. Gunung ini sangat terkenal dengan keindahan puncak serta kawahnya. Gunung ini memiliki berbagai level pendakian yang tersedia. Ada level trek pendakian yang sulit, sedang, hingga yang mudah. Jika Anda ingin mencoba trek pendakian yang cukup mudah maka bisa melalui jalur pendakian dengan waktu tempuh 1-2 jam. 

14. Gunung Pulosari

Gunung Pulosari
Disini ada curug putri yang sangat terkenal bagi para pendaki (Foto: kanapakambing_ig/ reviewnesia.com)

Gunung yang terletak di wilayah Pandeglang, Banten ini memiliki ketinggian 1.346 Mdpl. Anda bisa menempuh pendakian gunung ini dengan waktu sekitar kurang lebih 2 jam dengan trek pendakian ke tempat pendirian tenda yang landai dan mudah. Curug Putri merupakan curug yang sangat terkenal di kalangan pendaki Gunung Pulosari ini. Tetapi harus tetap berhati-hati ya jika Anda ingin mendaki ke puncak karena treknya lumayan terjal dan curam.

15. Gunung Api Purba Nglanggeran

Gunung Api Purba Nglanggeran
Ketika malam hari bintang bintang akan menghiasi langit dan memanjakan mata (Foto: gunungapipurbaig/ reviewnesia.com)

Gunung yang terletak di Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta ini memiliki ketinggian 700 Mdpl. Memiliki suasana pegunungan yang sangat menyenangkan dengan trek yang pendek dan relatif mudah. Anda hanya membutuhkan waktu tempuh sekitar 1 jam pendakian dan akan mendapatkan suguhan pemandangan yang luar biasa indah. Apalagi ketika malam hari tiba, Anda bisa menikmati taburan bintang di dalam tenda ditemani dengan secangkir teh hangat. Wah kebayang kan gimana rasanya?

4 Shares