kawasan amerika selatan
Kawasan yang kaya sumber daya harus menjadi miskin karena konflik kepentingan (Foto: Siska Silmi/ reviewnesia.com)
17 Shares

Kawasan Amerika Latin merupakan kawasan yang kaya akan sumber daya alam. Letak geografis yang berada di dalam lintas khatulistiwa, serta adanya pegunungan Andes dan sungai Amazon menciptakan kawasan yang subur bagi lahan pertanian dan perkebunan. Komoditi yang paling membuat Amerika Serikat bergantung terhadap kawasan ini adalah hasil minyak bumi Amerika Selatan yang melimpah.

Namun pada saat terjadinya perang dingin tahun 1947 sampai 1991 memberikan pengaruh komunisme Uni Soviet yang sangat dominan dan Amerika Serikat menerapkan hegemoni militer sebagai Containment Politics untuk mempertahankan eksistensi politiknya dalam perumusan kebijakan sebagian negara yang ada di Amerika Selatan. Sikap anti neokolonialisme dan neoliberlisme juga tumbuh akibat kesenjangan dan eksploitasi ekonomi oleh Amerika Serikat. Dampak dari sejarah masa lalu tersebut adalah karena pergolakan politik dunia yang terjadi pada saat berlangsungnya perang dingin. Negara-negara yang berada di wilayah Amerika Selatan menjadi lokasi proxy war antara Uni Soviet dan Amerika Serikat dan menyebabkan negara-negara di Amerika Selatan tersebut mengalami krisis dan kesenjangan ekonomi.

Baca Juga: Foreign Policy’s Role in Promoting Development: The Brazilian Case

Merasa menderita akibat invasi yang dilakukan oleh Amerika Serikat kepada negara-negara di Amerika Selatan maka muncul rasa kebencian terhadap Amerika Serikat dan terjadi gebrakan-gebrakan perlawanan terhadap Amerika Serikat. Gebrakan-gebrakan tersebut adalah berupa kerja sama yang di bangun di suatu kawasan Amerika Selatan untuk memperbaiki sistem perekonomian mereka. Awal mulanya adalah melalui kerja sama bilateral antara Argentina dan Brazil tentang integrasi ekonomi regional, kerja sama dalam riset dan pembangunan reaktor-reaktor tenaga nuklir, kerja sama mengenai teknologi, pendidikan, migrasi dan kebudayaan.

Kerja sama tersebut di buat dan di kembangkan secara terus-menerus oleh Argentina karena Brazil merupakan mitra dagang terbesar bagi Argentina. Oleh karena itu kerja sama bilateral tersebut dibuat sebagai fondasi dan awal dari ditemukannya solusi untuk mengatasi krisis di wilayah Amerika Selatan. Seiring berkembangnya kerja sama bilateral tersebut sedikit demi sedikit Amerika Latin berkembang secara dinamis karena terjadi pertumbuhan di bidang ekonomi dan militer.

Hingga pada akhirnya kerja sama bilateral tersebut membuat negara-negara lain di Amerika Selatan ingin mengadakan kerja sama seperti Argentina dan Brazil yang akhirnya membuat Venezuela bergabung dalam kerja sama trilateral yang melahirkan South Bank. Prinsip dari kerja sama trilateral tersebut adalah saling melengkapi, solidaritas dan kerja sama untuk mencapai kemakmuran dan pemerataan pembangunan regional serta sebagai alternatif kebijakan untuk negara di kawasan Amerika Latin untuk membuat suatu integrasi ekonomi yang stabil terutama untuk menghadapi neoliberalisme Amerika Serikat.

Venezuela berperan sebagai pembentuk aliansi yang solid secara ekonomi dan politik untuk menandingi Free Trade Area. South Bank pada dasarnya bertujuan untuk mengubah masyarakat Amerika Selatan, membuat mereka lebih adil, berpengetahuan, partisipatif dan mendukung. Sehingga South Bank dapat di pahami sebagai suatu proses yang integral untuk menjamin pemberantasan kesenjangan sosial, dan untuk meningkatkan kualitas hidup dan partisipasi efektif masyarakat dalam menciptakan sektor sosial dan ekonomi yang baik melalui di perkuatnya integrasi kawasan dalam bidang perminyakan. Dari kerja sama trilateral tersebut dapat meningkatkan perekonomian Amerika Selatan secara cepat dan tidak bergantung kepada dana internasional dan pada Amerika Serikat sehingga muncul kerja sama multilateral.

Andean Community menjadi simbol dari adanya kerja sama multilateral di kawasan Amerika Selatan yang beranggotakan Bolovia, Colombia, Ekuador, Peru, Chili, Argentina, Brazil, Paraguay, Uruguay dan Venezuela melalui kesepakatan Cartagena. Kerja sama tersebut di bentuk untuk memfasilitasi integrasi negara-negara di Amerika Selatan.

Andean Community menangani berbagai permasalahan seperti perdagangan barang dan jasa, custom union, pertukaran orang per orang, common market, penyesuaian kebijakan luar negeri bersama, pembangunan berkelanjutan, agenda sosial, dan kebijakan-kebijakan ekonomi. kerja sama multilateral ini benar-benar menstabilkan dan membangkitkan perekonomian Amerika Selatan karena semakin banyak negara-negara di Amerika Selatan yang meningkatkan kerja sama regional. Sehingga lahirlah kerja sama institusional.

Ditandai dengan lahirnya LAFTA (Latin American Free Trade Area) yang beranggotakan Argentina, Brazil, Chili, Meksiko, Paraguay, Peru, Bolivia, Kolombia, Ekuador, Venezuela, Kuba dan Uruguay. Tujuan dari adanya institusi ini adalah untuk membentuk pasar bersama di Amerika Selatan dan menawarkan potongan tarif di antara negara-negara anggota, menghapuskan semua kewajiban dan hambatan perdagangan dalam dua belas tahun ke depan, membentuk zona perdagangan bebas seperti Uni Eropa dan NAFTA yang menciptakan hubungan regional yang saling menguntungkan. Untuk mewujudkan tujuan tersebut di bentuk lah beberapa institusi seperti the council of foreign ministers, a conference of all participating countries, dan a permanent council.

Di dalam institusi ini perdagangan bebas di anggap sebagai cara untuk meningkatkan interaksi perekonomian yang di harapkan mampu mendongkrak roda perekonomian sehingga Amerika Selatan mampu keluar dari kondisi negara miskin.

Institusi ini bertanggung jawab mengenai regulasi perdagangan luar negeri yang mencakup tentang regulasi ukuran teknis, regulasi kesehatan dan keamanan, regulasi proteksi lingkungan hidup, quality control, regulasi kontrol harga dan regulasi monopoli. Kesepakatan yang juga di bahas dalam institusi ini adalah tentang pengaturan masalah tarif dan promosi perdagangan, komplementasi ekonomi, perdagangan agrikultur, finansial, fiskal, pajak, kerja sama sains dan teknologi, dan promosi pariwisata. Kerja sama dalam institusi ini sangat memperkuat pertahanan ekonomi Amerika Selatan dengan sangat cepat karena pada dasarnya sebelum adanya proxy war, warga negara Amerika Selatan terkenal dengan inovatif dan kreatif dalam mengelola sumber daya alamnya yang melimpah.

Dengan semakin meluasnya tatanan masyarakat global dan meluasnya Free Trade Area maka masyarakat di Amerika Selatan mulai sadar akan pentingnya integrasi dalam wilayah regional melalui wadah kerja sama semua negara yang ada di Amerika Selatan untuk memperkuat tatanan sosial dan perkembangan ekonomi.

Integrasi ditujukan sebagai sebuah proses penyesuaian di antara unsur-unsur yang tidak sama pada kehidupan masyarakat sehingga akan menghasilkan pola kehidupan masyarakat yang memiliki keserasian fungsi, perasaan senasib, penyatuan tujuan untuk mencapai suatu kepentingan yang sama salah satunya adalah menguatnya perekonomian di suatu kawasan, keamanan di suatu kawasan dan keadilan. Integrasi di wilayah Amerika Selatan berjalan dengan adanya fondasi kerja sama bilateral, trilateral, multilateral, dan institusional yang sama-sama memiliki tujuan dan kepentingan yang jelas demi kemajuan ekonomi dan kebangkitan negara-negara Amerika Selatan dari krisis.

Integrasi di wilayah Amerika Selatan ditandai dengan lahirnya UNASUR (Union of South American Nations) yang beranggotakan semua negara yang ada di Amerika Selatan. UNASUR bertujuan untuk mengatur proses kerja sama dalam kegiatan ekonomi termasuk hubungan niaga, komunikasi, kegiatan kebudayaan, kewarganegaraan, paspor dan visa, kegiatan sosial, dan kegiatan kesehatan.

UNASUR adalah sebuah organisasi yang di bentuk sebagai instrumen untuk mencerminkan kekuatan ekonomi dan politik di Amerika Selatan.  UNASUR di harapkan mampu menyatukan hubungan antara negara-negara di Amerika Selatan berdasarkan prinsip-prinsip pluralisme, kesatuan, fleksibilitas, perlakuan diferensial dan keberagaman. Dengan adanya UNASUR maka di harapkan organisasi ini menjadi sebuah wadah untuk membuat perekonomian Amerika Selatan menjadi pasar yang kompetitif dan efisien sepenuhnya. Sehingga banyak perdagangan yang ada di Amerika Selatan menguntungkan masyarakat Amerika Selatan sendiri.

Keinginan UNASUR adalah adanya pasar tunggal di Amerika Selatan yang di mulai dengan perhapusan tarif untuk produk yang dianggap tidak sensitif sampai tahun 2014 dan untuk produk sensitif sampai 2019. Rencana integrasi awal oleh UNASUR yaitu melalui kerja sama infrastruktur dengan pembangunan koridor Bioceanic dan Jalan Raya antardunia. Jalan yang akan menghubungkan lebih tegas negara-negara di pesisir Pasifik, terutama Chili dan Peru, dengan negara-negara di pantai Atlantik seperti Brazil dan Argentina, memperluas jalan raya melalui benua tersebut, adalah suatu hal yang nyata untuk memungkinkan koneksi yang lebih dalam antara negara-negara di Amerika Selatan.

Pembangunan proyek-proyek dalam kerja sama di UNASUR akan di biayai oleh South Bank (hasil dari kerja sama trilateral) demi meningkatkan daya saing lokal dan untuk mempromosikan pengembangan ilmiah dan teknologi dari negara-negara anggota dengan prinsip stabil dan setara. South Bank menegaskan bahwa dana tersebut tidak sama dengan dana moneter internasional yang dulu sempat melilit beberapa negara di Amerika Selatan sehingga negara-negara tersebut mengalami krisis.

UNASUR berorientasi pada penguatan integrasi Amerika Selatan, mengurangi asimetri, dan mempromosikan distribusi investasi egaliter. Sehingga saat ini pembangunan infrastruktur, strategi penguatan ekonomi, kekuatan integrasi, dan kesadaran kerja sama antar kawasan Amerika Selatan semakin meningkat. Dengan adanya UNASUR maka ia dijadikan sebagai langkah awal menuju pembentukan badan birokrasi permanen supranasional yang menggantikan badan politik yang ada di Amerika Selatan. UNASUR juga menjadi wadah untuk berkonsultasi di dalam negara-negara Amerika Selatan supaya tidak terjadi kembali ketimpangan yang ada di suatu kawasan. Oleh karena itu negara-negara di Amerika Selatan berhasil tereintegrasi di dalam suatu kawasan untuk memperbaiki perekonomian dari sebuah krisis dengan ditandainya UNASUR.

17 Shares