MUN conference
HI UMM
0 Shares

Bagi sebagian besar mahasiswa, mendengar kata Model United Nations Conference atau MUN conference tentu tidak asing lagi. Conference bergengsi ini menarik banyak minat mahasiswa karena mulai dari penampilan, tatanan simulasi dan sebagainya sangat di tata sedemikian rupa layaknya benar-benar mempresentasikan seorang diplomat.

MUN conference merupakan sebuah simulasi sidang PBB yang dihadiri oleh berbagai perwakilan negara-negara di dunia dengan membawa urgensi isu untuk dibahas dalam agenda simulasi sidang. MUN conference tidak hanya diadakan dalam skala nasional tetapi juga internasional.

Baca Juga: Mengenal Kode Etik dan Peran Diplomat

Salah satu contoh MUN conference skala nasional yang cukup terkenal di Indonesia adalah Indonesia MUN yang diselenggarakan oleh Universitas Indonesia. Sedangkan MUN skala internasional yang terkenal adalah Harvard MUN yang diadakan langsung oleh Harvard University. Mengapa begitu terkenal ? karena isu-isu yang di angkat selalu menarik dan menantang.

MUN Conference - Greatest Way to Travel The World
Pembacaan Position Paper Setiap Delegasi Negara (Foto: Syelda Putri/reviewnesiacom)

Biaya yang dibutuhkan mengikuti MUN conference tidak murah tergantung paket apa yang Anda pilih. Ada dua paket yang disediakan yaitu Full Accomodation dan Non Accommodation.

MUN conference skala nasional dengan Full Accommodation artinya biaya penjemputan delegasi dari stasiun, bandara dan biaya tempat menginap sudah include dengan biaya registrasi, umumnya registrasi sekitar Rp.3.000.000 masing – masing delegasi. Sedangkan Non Accommodation artinya tidak ada biaya penjemputan, registrasi sekitar Rp.1.500.000 masing – masing delegasi, tergantung conference yang dihadiri, semakin terkenal dan berkualitas pihak penyelenggara maka akan semakin mahal.

Akan tetapi, jika yang diikuti MUN conference tingkat internasional yang diadakan di luar negeri, akan lebih berkelas lagi dan lebih mahal, isu yang di bahas semakin menarik dan menantang. Registrasi yang umumnya berkisar pada harga Rp.10.000.000 setiap masing – masing delegasi. Bahkan, bisa lebih mahal tergantung conference yang diikuti.

Pendaftaran registrasi MUN conference tersebut belum termasuk biaya akomodasi tiket pesawat, biaya pengurusan paspor maupun apply visa, serta biaya hidup pribadi selama MUN conference. Meskipun paket yang Anda pilih adalah full-accommodation tetapi accommodation tersebut dimaksudkan dengan penjemputan di bandara dan biaya penginapan.

MUN Conference - Greatest Way to Travel The World
Pengajuan Mosi dalam Moderated Caucus dengan Mengangkat Placard (Foto: Syelda Putri/reviewnesiacom)

Mengikuti MUN conference internasional tentu menghabiskan banyak biaya, karena Anda harus berada di lokasi conference satu minggu sebelum conference dilaksanakan untuk mengikuti sejumlah briefing. Namun, Anda tidak perlu berkecil hati, Anda bisa mencari sponsor untuk membiayai perjalanan mengikuti MUN conference, dan Anda bisa menggunakan jasa telemarketer yaitu orang – orang yang mencarikan sponsor untuk kita.

Sebelum MUN conference berlangsung umumnya setiap delegasi harus mempersiapkan diri melalui. Pertama, study guide yaitu panduan untuk melaksanakan conference. Kedua, country allocation yaitu pembagian negara untuk setiap delegasi, dan ketiga yaitu position paper yaitu penjelasan yang berisi mengenai posisi negara Anda dalam isu tersebut. Apa yang telah dilakukan oleh negara Anda dan solusi apa yang ditawarkan oleh negara Anda dalam menyelesaikan isu tersebut.

MUN conference di pimpin oleh seorang chair, seorang co-chair, dan seorang timer yang akan mengatur waktu kita dalam berbicara. MUN conference memiliki beberapa agenda dalam simulasi yang sangat menarik. Dimulai dengan roll call yaitu kepastian apakah seorang delegasi hanya hadir berpartisipasi atau hadir dengan memberikan solusi. Setelah itu masuk kepada general assembly yaitu waktu diberikan kepada masing – masing delegasi membacakan position paper yang dibuat dengan waktu yang sudah ditentukan. Kemudian dilanjutkan dengan moderated caucus atau sesi formal yaitu delegasi saling berdiskusi dan menyampaikan aspirasi diawali dengan votting mosi.

Di dalam meeting session ini, delegasi tidak diperbolehkan membuka gadget atau alat elektronik lainnya, delegasi juga tidak diperbolehkan untuk berbicara satu sama lain, melainkan menggunakan secarik kertas yang berisi pesan yang kemudian akan diambil oleh runner untuk disalurkan kepada lawan bicara.

Segala gagasan yang disampaikan oleh masing – masing delegasi di dalam meeting session berlangsung harus berdasarkan fakta. Oleh karena itu, delegasi diwajibkan membawa segala data atau sumber yang dibutuhkan pada saat sidang berbentuk hard copy.

MUN Conference - Greatest Way to Travel The World
Tampak Suasana pada Sesi Diplomatic Dinner (Foto: Syelda Putri/reviewnesiacom)

Selain itu, terdapat unmoderated caucus atau sesi unformal yaitu masing – masing delegasi dapat berbicara secara langsung untuk berdiskusi, beraliansi, dan mempersiapkan working paper dan draft resolution sebagai stand poin aliansi mereka terhadap isu yang dibahas di persidangan MUN. Selain meeting session yang sangat serius, delegasi disuguhi acara pembuka yaitu diplomatic dinner, cultural night dengan baju adat dari setiap negara, coffee break di sela – sela sidang, awarding night dan prom night untuk mengakhiri conference.

MUN conference merupakan ajang bergengsi dan melatih seseorang untuk lebih percaya diri, melatih skill public speaking dan melatih dalam meneliti sebuah data untuk kita representasikan.

MUN conference juga membantu menunjang seseorang dalam social networking, saling bertukar ide dan informasi baru. Bahkan, sampai dengan skala internasional. Jadi, MUN conference sangat wajib untuk di coba karena banyak sekali keuntungan yang akan didapatkan.

0 Shares