media massa favorit
Melalui sebuah tulisan kita dapat berbagai informasi, bertukar pikiran dan pendapat, atau bahkan memberikan inspirasi bagi orang lain (Foto: bangwinnet)
0 Shares

Seseorang terkadang memiliki berbagai ide, cerita, dan pengalaman yang berarti bagi diri mereka sendiri, namun, tidak sedikit dari mereka tidak dapat mengungkapkannya secara langsung, melainkan melalui sebuah tulisan. Terkadang, melalui sebuah tulisan kita dapat berbagai informasi, bertukar pikiran dan pendapat, atau bahkan memberikan inspirasi bagi orang lain.

Di era yang semakin modern ini, kita tidak lagi harus takut akan kurangnya media kita untuk menulis, banyak sekali berbagai macam platform online gratis yang dapat kita gunakan sebaik mungkin untuk mencurahkan segala pengetahuan dan ide kita melalui sebuah tulisan, bahkan untuk kita ingin bercerita fiksi pun telah disediakan platformnya.

Berikut, beberapa daftar aplikasi favorit untuk mencurahkan tulisan Anda :

1. Quora

Siapa yang tidak tahu aplikasi yang satu ini, aplikasi milik Amerika Serikat yang diluncurkan pada Juni 2009 ini merupakan aplikasi yang mewadahi kita untuk saling bertukar pengetahuan melalui sistem tanya jawab. Quora mengumpulkan pertanyaan-pertanyaan dan jawaban pada topik-topik tertentu dan memperbolehkan pengguna untuk ikut berkolaborasi dengan memberikan jawabannya. Aplikasi ini menjadi sangat favorit karena para penggunanya berasal dari berbagai profesi yang dapat kita ketahui identitasnya dalam profil aplikasi Quora.

Baca Juga: 6 Media Internasional di Dunia Terpopuler

Berbagai macam pertanyaan yang mungkin sebelumnya tidak pernah kita duga bisa ditemukan di Quora. Berbagai topik pengetahuan seperti masalah perempuan, politik, film, musik, dan lainnya dikemas menjadi satu dalam aplikasi ini. Tidak heran jika telah memiliki aplikasi ini, kita sulit untuk menyudahinya. Salah satu kelebihan dari Quora ini adalah jawaban yang diberikan para penggunanya sangat memuaskan karena adanya sistem evaluasi sehingga jawaban tersebut dapat lebih dipercaya. Namun, kekurangan dari Quora adalah Quora tidak memiliki fitur untuk memblokir permintaan jawaban yang masuk, sehingga terkadang ada jawaban yang tidak sesuai dengan pertanyaannya, tetapi hal tersebut jarang terjadi.

2. Hipwee

Hipwee sudah tidak asing lagi bukan di telinga para millenial? Website yang satu ini merupakan wadah atau media untuk berbagi cerita pengalaman, pendapat, argumen, yang disampaikan melalui tulisan dan kemudian di publikasikan. Konten yang di publikasikan kebanyakan adalah tentang cinta dan pengalaman pribadi, tidak salah jika Hipwee menjadi salah satu media menulis yang sangat digandrungi oleh millenial. Kelebihan menulis di Hipwee salah satunya adalah strategi marketing Hipwee yang cukup menarik sehingga jika kita menulis dengan menarik dan kreatif tentu tulisan kita akan dengan cepat dibagikan dan dibaca oleh ribuan orang. Sedangkan kekurangannya adalah kita menulis di Hipwee ini tanpa dibayar, justru tulisan yang dipublikasikan akan menguntungkan Hipwee sendiri melalui iklan berdasarkan banyaknya jumlah pengunjung website tersebut.

3. Wattpad

Anda menyukai cerita fiksi? Atau mungkin ingin menuliskannya? Aplikasi Wattpad menjadi sasaran yang tepat untuk membagikan tulisan-tulisan Anda. Sejak diluncurkan pada tahun 2006, aplikasi ini disukai oleh banyak anak-anak muda. Fungsinya tidak jauh berbeda dari blog. Kebanyakan yang ditulis di Wattpad merupakan tulisan berbentuk cerita pendek, puisi, novel pendek, dan sejenisnya. Tidak hanya untuk menulis saja, Wattpad juga sangat direkomendasikan bagi para individu yang gemar membaca, apalagi yang hobi dengan tulisan bergenre fiksi, romance, action, dan lainnya. Kelebihan dari Wattpad ini salah satunya adalah, sebagai penulis, kita tidak lagi khawatir bahwa tulisan kita akan di jiplak oleh orang lain, karena Wattpad dilengkapi dengan ‘hak cipta’. Sedangkan kekurangannya terletak pada banyaknya profil para penulis di Wattpad yang tidak real (disamarkan).

4. Medium

Mungkin dari kita masih cukup jarang mendengar aplikasi medium ini. Aplikasi penerbitan tulisan online ini justru sangat direkomendasikan, hampir sama dengan Quora. Medium memiliki tingkat kerumitan menulis yang cukup tinggi namun, tata letak website ini sangat sederhana.

Kebanyakan para penulis yang membagikan tulisannya di Medium dimuat dalam Bahasa Inggris. Tulisan yang dimuat pada aplikasi ini berbasis ilmu pengetahuan dan informasi atau isu yang sedang hype yang mungkin sebelumnya tidak pernah kita tahu. Kebayang kan kalau kita punya aplikasi ini, pasti seperti Quora, bikin betah berlama-lama untuk selalu menulis dan membaca. Kelebihan dari aplikasi ini salah satunya yaitu, segala konten tulisan yang dimuat di dalamnya dikemas begitu menarik, seperti adanya format penulisan yang telah disediakan dalam fitur aplikasi agar penulis bisa berkreasi dengan tulisan yang tidak membosankan. Namun, di sisi lain, aplikasi ini memiliki tingkat kerumitan cukup tinggi dalam sistem pengaturannya, sehingga untuk pengguna awal pasti akan merasa kesulitan dengan aplikasi ini.

5. Kompasiana

Kita pasti sering sekali mencari jawaban dari pertanyaan tugas sekolah atau kuliah dan muncul jawaban dari “kompasiana’. Aplikasi berbagi informasi dan wawasan ini begitu banyak diminati oleh berbagai kalangan. Banyak yang masih salah mengartikan bahwa kompasiana merupakan sebuah Koran online, padahal bukan. Aplikasi ini dibuat untuk mewadahi wawasan melalui tulisan yang dapat dipublikasikan secara online dan diakses oleh jutaan orang. Kelebihan dari aplikasi ini adalah karena dinilai lebih SEO friendly serta dapat digunakan untuk personal branding. Sedangkan kekurangannya adalah isi dari artikel yang dipublikasikan masih diragukan kebenarannya. Selain karena akses informasi yang dituntut cepat, terkadang tidak adanya cek informasi yang dilakukan oleh penulis.

0 Shares