Beautiful Malang Reviewnesia
Wisata Malang Semakin Cantik
0 Shares

Malang dengan semboyan “Beautiful Malang” merupakan wilayah kaya akan travel destinasi. Semboyan tersebut digunakan Pemerintah Kota dan Kabupaten, serta masyarakat Malang untuk mengelola sumber daya alam yang ada menjadi tempat destinasi travelling yang dikenal asri dan kaya akan floranya.

Kekayaan sumber daya alam ini disebabkan letak geografis Malang yang dikelilingi pegunungan membuat keadaan geologinya menjadi sangat subur. Pengelolaan destinasi wisata yang menarik di Malang terbukti mampu terus meningkatkan jumlah para wisatawan dari Malang, luar Malang, maupun wisatawan mancanegara.

Baca Juga: 10 Cafe di Malang di Jamin Instagramable

Menurut Badan Pusat Statistik Malang, jumlah wisatawan yang berkunjung ke Malang pada tahun 2019 berjumlah 15.038 wisatawan mancanegara dan 4,8 juta wisatawan lokal yang sebelumnya di tahun 2018 sebanyak 12.456 wisatawan mancanegara dan 4,3 juta wisatawan lokal. Berikut 10 travel update destinasi wisata menarik di Malang :

1. Batu Rafting Malang

Batu rafting merupakan salah satu tempat rafting di Batu yang terletak di Desa Temas, berjarak 500 meter dari Lippo Plaza Batu dan wajib dicoba untuk para pecinta rafting. Tempat ini memiliki tipe arus sungai yang tidak terlalu deras tetapi tidak mengurangi sensasi rafting pada umumnya sehingga aman untuk anak-anak.

Sejak dibuka, Batu rafting selalu ramai pengunjung, terutama pada hari libur. Pengunjung membutuhkan waktu tempuh rafting sekitar 2-3 jam dengan suguhan pemandangan pepohonan hijau segar yang memanjakan mata. Untuk harga tiket rafting sendiri, setiap orang di patok dengan harga Rp.150.000. Untuk menempuh lokasi Batu Rafting, pengunjung dapat menggunakan mobil maupun sepeda motor dengan jarak tempuh sekitar 32 menit dari Kota Malang.

2. Batu Flower Garden

Destinasi Batu Flower Garden merupakan tempat wisata menarik dan sangat diminati oleh banyak pengunjung sejak diresmikan. Tempat ini terletak di area air terjun Coban Rais, Desa Oro-Oro Ombo, Kecamatan Batu dengan harga tiket masuk sebesar Rp.10.000 (khusus mobil) sebagai tiket masuk kawasan perhutani sedangkan Rp.2.500 (khusus pengendara sepeda motor) sebagai tiket masuk kawasan perhutani dan Rp.25.000 sebagai tiket masuk kawasan Batu Flower Garden.

Batu Flower Garden sangat recommended dikarenakan arena wisatanya yang sangat instagramable atau cocok untuk spot foto. Disamping itu, pengunjung juga dimanjakan dengan pemandangan air terjun Coban Rais yang memanjakan mata. Arena wisata ini terletak di dataran tinggi, di lereng Gunung Panderman dengan ketinggian 1000 mdpl.

Ada bermacam – macam wahana di Batu Flower Garden. Pertama gardu pandang, di sini pengunjung dapat menikmati pemandangan wilayah Batu dari ketinggian sambil berfoto ria. Kedua, ada wahana ayunan ekstrem yang menguji adrenaline, ayunan ini melayang di atas jurang sedalam 50 meter dengan pemandangan pepohonan hijau dibelakangnya.

Ketiga, terdapat wahana sky bike yaitu bersepeda di atas sling baja seperti seolah melayang dengan pemandangan bunga-bunga Batu Flower Garden, dan masih banyak lagi wahana lainnya yang menarik untuk dicoba.

Tetapi, setiap wahana tidak termasuk dalam tiket masuk, jadi pengunjung harus membayar lagi jika ingin menaiki wahana – wahana disana. Untuk dapat menuju ke Batu Flower Garden pengunjung disarankan menggunakan sepeda motor karena medan di area Batu Flower Garden cukup sempit dengan jarak tempuh sekitar 40 menit dari Kota Malang.

3. Eco Green Park

Destinasi Eco Green Park merupakan tempat berlibur yang cocok untuk keluarga. Destinasi ini terletak di Desa Oro-Oro Ombo, Kecamatan Batu dengan tiket masuk sebesar Rp.55.000 – Rp.450.000 tergantung dengan paket apa yang diambil, paket yang ditawarkan diantaranya adalah paket sakti, paket regular, tiket paket 2, dan juga tiket super sakti yang paling mahal. Taman berlibur ini di desain dengan aneka macam fauna, flora, dan spot-spot ilmu pengetahuan.

Hal ini menjadikan Eco Green Park menjadi tempat yang cocok untuk edukasi, terutama anak-anak. Beberapa wahana yang disediakan, pertama Hanoman Bioskop 3D, pengunjung dapat menikmati sensai kursi bioskop yang berputar dengan layar yang terletak di atap.

Kedua, jungle adventure, pengunjung akan menaiki kereta yang akan membawa mereka berkeliling di dalam hutan buatan. Ketiga, Taman Biogas, pengunjung akan diajak lebih jauh untuk mengelola sampah dan limbah yang baik, dan masih banyak lagi wahana menarik lainnya yang dapat dinikmati oleh pengunjung.

Di samping konsep wisata yang menarik tersebut pihak Eco Green Park juga menyiapkan fasilitas e-bike untuk mengelilingi arena wisata jika pengunjung merasa kelelahan. Untuk menuju ke Eco Green Park, pengunjung dapat menggunakan mobil atau sepeda motor dikarenakan medan menuju tempat ini sangat mudah diakses oleh kendaraan apa pun dengan waktu tempuh sekitar 34 menit dari Kota Malang.

4. Cafe Sawah Pujon

Destinasi café Sawah Pujon ini menjadi tempat primadona baru di Malang sejak tempat ini diresmikan. Tempat ini berada di Desa Pujon Kidul, yang telah dinobatkan menjadi desa wisata. Tempat ini mengusung tema café outdoor dengan pemandangan sawah di pedesaan dengan tiket masuk sebesar Rp.20.000 per orang, yaitu Rp.5000 untuk parkir kendaraan dan Rp.15.000 untuk kupon makan.

Café ini sangat banyak diminati oleh masyarakat dikarenakan konsep café yang sangat menarik dengan berbagai spot foto yang disediakan serta beberapa wahana games yang bisa dinikmati pengunjung seperti adanya wahana pemanahan dan berkeliling area café sawah dengan menaiki kuda, kegiatan tersebut bisa didapatkan dengan hanya membayar Rp.10.000 saja.

Akses menuju café sawah ini cukup sempit dikarenakan areanya yang benar-benar di dalam perkampungan sehingga direkomendasikan menggunakan sepeda motor. Namun, jika Anda ingin menggunakan mobil tetap bisa meskipun aksesnya sempit dengan waktu tempuh sekitar 55 menit dari Kota Malang.

5. Taman Kelinci

Destinasi ini merupakan tempat baru yang banyak diminati oleh wisatawan. Tempat ini terletak di Desa Pandesari, Kecamatan Pujon dengan waktu tempuh sekitar 46 menit dari Kota Malang yang dapat diakses dengan mobil maupun sepeda motor. Pengunjung hanya membayar tiket masuk dengan harga sekitar Rp.5.000 setiap orang.

Konsep dari taman kelinci ini adalah terinspirasi dari Desa Hobbit di Selandia Baru yang ditampilkan di sebuah film The Lord of The Rings dengan bangunan rumah mini unik ala The Hobbit. Taman kelinci ini sangat cocok untuk anak-anak karena pihak pengelola menyediakan taman bermain bersama kelinci dengan suasana yang menyenangkan.

Spot foto juga sangat recommended bagi para pengunjung yang hobby mencari spot-spot foto yang instagramable. Disamping itu, taman kelinci ini juga menyediakan Kampoeng Café, pondok susu olahan, dan wisata petik buah strawberry.

6. Omah Kayu

Tidak jauh dari taman kelinci, destinasi menarik yang dapat dikunjungi adalah omah kayu yang sebenarnya adalah sebuah penginapan namun dijadikan objek wisata karena keindahannya. Omah kayu dengan semboyan “Not Just Tree House’ yang terletak di area Bukit Paralayang ini menawarkan keindahan yang tidak ada tandingnya.

Tenang, sejuk, indah, dan menyenangkan adalah definisi yang tepat untuk menggambarkan tempat ini. Tempat ini terletak di Desa Bumiaji, Kecamatan Pujon. Untuk menempuhnya disarankan menggunakan sepeda motor dikarenakan medan yang cukup ekstrem, sempit dan menanjak. Waktu tempuh yang dibutuhkan sekitar 55 menit dari Kota Malang dengan harga tiket masuk Rp.5000 perorang. Jika pengunjung hanya ingin berfoto saja. Konsep dari tempat ini begitu menarik karena dibuat dengan nuansa pedesaan yang tenang dan sejuk.

Bisa Anda bayangkan duduk dan menginap dirumah pohon dengan suasana yang tenang, ditemani pohon-pohon yang rindang bersama keluarga kecil, sungguh menyenangkan bukan. Namun, harus tetap hati-hati bagi pengunjung yang membawa anak kecil karena tempat ini sangat rawan mengingat dekat dengan jurang.

Setiap kamar yang disediakan di Omah Kayu dihadapkan dengan pemandangan Gunung Banyak yang indah. Omah kayu bisa dibooking atau disewa melalui beberapa situs online seperti booking, agoda, dan lainnya dengan harga sekitar Rp.400.000 per kamar.

7. Goa Pinus

Destinasi Goa Pinus ini merupakan tempat baru yang sangat diminati para wisatawan semua kalangan khususnya anak muda. Berlokasi di Desa Bumiaji, kecamatan Batu, dengan jarak tempuh sekitar 47 menit dari Kota Malang dengan tiket masuk sebesar Rp.10.000 setiap orang.

Tempat ini sangat recommended bagi pengunjung yang hobby berfoto ria karena tempatnya instagramable seperti adanya spot foto rumah-rumahan kayu dilengkapi dengan jerami yang menarik. Tempat ini mengusung konsep gardu pandang sehingga pengunjung dapat menikmati pemandangan Gunung Arjuno dari ketinggian. Pengunjung dapat menggunakan mobil maupun sepeda motor untuk menuju kesana dengan akses jalan yang tidak begitu sulit.

8. Jawa Timur Park 3

Destinasi ini termasuk destinasi wisata yang paling baru di Malang dan cukup menyedot perhatian banyak kalangan. Memang tempat ini sangat cocok untuk semua kalangan dengan lokasi yang berada di Beji, Kota Batu, dengan waktu tempuh sekitar 24 menit dari Kota Malang.

Pengunjung dimanjakan dengan berbagai fasilitas wisata yang sangat menarik, pertama, kita akan dimanjakan dengan suasana zaman prasejarah dengan Dino Park dilengkapi dengan mesin waktu yang membuat kita dapat bernostalogia masa lalu.

Kedua, spot Ice Age, spot ini benar-benar memanjakan kita seolah kita sedang berada di dalam film animasi Ice Age. Ketiga, adanya Infinite World, pengunjung disuguhkan dengan gemerlap cahaya dari benda-benda yang ada di dalam ruangan dengan desain interior yang sangat menarik. Keempat, kita bisa merasakan keliling dunia dalam waktu satu hari saja.

Pengunjung dapat menikmati suasana negara-negara di dunia lengkap dengan persewaan pakaian khas negara tersebut, dan wahana lainnya yang tidak kalah menarik. Namun, untuk menikmati destinasi ini tidak begitu murah, pengunjung disediakan beberapa paket untuk membeli tiket, seperti ada paket hemat, paket khusus main park, dan paket untuk atraksi.

9. Kampoeng Heritage

Kampung wisata ini masih terbilang cukup baru di Malang yang terletak di daerah Kajoetangan, tepat di tengah Kota Malang. Pengunjung hanya di patok sekitar Rp.5000 dan pengunjung akan mendapatkan souvenir yang isinya berupa postcard, stiker, dan peta petunuk jalan keliling kampung heritage. setiap orang dengan konsep nuansa arsitektur-arsitektur khas zaman kolonial yang masih terawat dengan baik.

Kita bisa menikmati bentuk, interior, dan ornamennya yang sangat khas. Destinasi ini cocok untuk anak-anak muda yang hobby berfoto karena spot-spot yang disediakan sangat instagramable yang memang dibuat untuk menarik para wisatawan khususnya anak muda.

Pengelolaan kampung wisata ini langsung di pegang oleh warganya sendiri yang berada di tiga rukun warga (RW) yaitu, RW 01, 09, dan 10. Selain itu, warga sekitar kampung juga banyak yang berjualan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi dengan memanfaatkan para wisatawan yang berkunjung. Biasanya tempat ini ramai dikunjungi wisatawan saat hari libur atau akhir pekan. Pengunjung dapat menggunakan sepeda motor maupun mobil untuk sampai di kampung ini, aksesnya sangat mudah.

10. Kampung 3D

Tidak banyak yang tahu, bahwa ditengah viralnya kampung warna-warni ada sebuah kampung wisata kecil yang dinamakan kampung 3D. Kampung ini berlokasi di Jodipan tepat di dalam satu kawasan dengan kampung warna-warni. Untuk harga tiket, pengunjung di patok dengan harga yang cukup murah hanya Rp.10.000. Namun, untuk akses menuju ke kampung 3D ini sebaiknya menggunakan sepeda motor karena lebih mudah dan lebih dekat dengan tempat parkir tetapi jika menggunakan mobil parkirnya lumayan sulit dan jauh.

Seperti kampung heritage, kampung ini dikonsep untuk menarik anak-anak muda yang hobby foto, karena tempat ini sangat instagramable dengan background warna lukisan yang beraneka ragam membuat kampung ini sangat menarik untuk lokasi foto. Gambar-gambar yang dilukis di dinding-dinding rumah warga tersebut dibuat seperti kenyataan sesuai konsep 3D.

0 Shares