Jurnal HI Terakreditasi SINTA 2
Sumber bacaan jurnal yang begitu beragam membuat HI lebih kompeten. (Foto: selipancom/reviewnesia.com)

Sebagai sebuah disiplin ilmu yang terus berkembang, Program Studi Hubungan Internasional (HI) kini menjadi salah satu pilihan bagi mahasiswa baru. Hampir di setiap daerah di Indonesia, kita dapat menemukan kampus yang memiliki prodi HI. Salah satu ciri khas keilmuan ini adalah sumber bacaan jurnal yang begitu beragam. Bahkan kebanyakan adalah jurnal yang berbahasa Inggris. Tapi, saat ini sudah banyak prodi HI Indonesia yang memiliki jurnal sendiri. Ada beberapa universitas yang sudah memiliki jurnal yang terakreditasi dengan fokus tulisan yang beragam. Berikut, 7 list jurnal HI Indonesia yang sudah terakreditasi SINTA 2 dan dapat kamu gunakan untuk mendukung proses pembelajaran di kampus versi reviewnesia:

1. Jurnal Hubungan Internasional Universitas Muhammadiyah Yogyakarta: jurnal ini merupakan HI Indonesia yang sudah terakreditasi Science and Technology Index (SINTA) peringkat 2 dari Kemenristek. Memiliki fokus dan scope politik dan hubungan internasional di kawasan Asia Pasifik. Termasuk kajian diplomasi dan kebijakan luar negeri, resolusi konflik, isu global dan transnasional, gender, globalisasi, keamanan internasional, dan isu-isu pembangunan. Bagi kamu yang membutuhkan referensi dalam bidang peminatan tersebut, bisa langsung klik di alamat website nya https://journal.umy.ac.id/index.php/jhi untuk menemukan banyak jenis tulisan. Jurnal ini dapat membantu kamu menyelesaikan banyak tugas kuliah khususnya tugas menulis dan analisis.

Baca Juga: 9 Tips Mudah Menulis Artikel Jurnal

2. Global; Jurnal Politik Internasional dari Departemen HI Universitas Indonesia. Sama seperti jurnal sebelumnya, Jurnal Global ini juga sudah terakreditasi SINTA 2. Jurnal ini memiliki 4 fokus dalam bidang teori HI, teori Keamanan Internasional, teori Ekonomi Politik Internasional, dan juga teori yang berhubungan dengan kajian transnasional. Keempat fokus tersebut terbagi menjadi beberapa sub-kajian, terdiri dari kebijakan keamanan Indonesia, studi ASEAN, Pembangunan Global, HAM, globalisasi, migrasi internasional, resolusi konflik, dan hukum internasional. Jurnal ini dapat diakses melalui laman http://global.ir.fisip.ui.ac.id/index.php/global.

3. Jurnal Ilmiah Hubungan Internasional Universitas Katolik Parahyangan, Bandung. Jurnal HI Unpar merupakan salah satu jurnal yang sangat kaya akan tulisan. Jurnal ini terbit setahun dua kali dan sudah terakreditasi SINTA 2. Memuat tulisan dengan fokus pada kebijakan luar negeri, resolusi konflik, studi keamanan internasional, ekonomi politik internasional, regionalisme, gender, organisasi internasional, diplomasi, media, dan isu lingkungan. Telah terbit sejak tahun 2012 dan sangat membantu mahasiswa HI dalam menyediakan sumber bacaan pendukung kegiatan perkuliahan. Jika memerlukan berbagai referensi tulisan, jurnal ini dapat diakses melalui website http://journal.unpar.ac.id/.

4. Global Strategis Departemen HI Universitas Airlangga. Terbit sejak tahun 2007 dan menyediakan beragam sumber bacaan yang berhubungan dengan keilmuan HI, termasuk kajian keamanan internasional, ekonomi politik internasional, bisnis internasional, dan kajian globalisasi. Jurnal ini terbit 2 kali dalam setahun. Periode satu yakni Januari-Juni, dan periode dua dari Juli-Desember setiap tahunnya. Bagi yang ingin membaca tulisan di jurnal ini, dapat diakses melalui https://e-journal.unair.ac.id/JGS/index.

5. Andalas Journal of International Studies (AJIS). Merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Departemen HI Universitas Andalas, Padang Sumatera Barat. Jurnal ini memiliki beberapa fokus kajian, mulai dari kajian internasional, pembangunan internasional, diplomasi, ekonomi politik internasional, politik global, hubungan lokal dan internasional, politik regional, dan organisasi internasional. Terbit 2 kali dalam setahun sejak 2012 dan sudah terakreditasi SINTA 2. AJIS dapat diakses melalui laman http://ajis.fisip.unand.ac.id/index.php/ajis/index.

6. Journal of International Studies (Intermestic) Universitas Padjajaran Bandung. Terbit 2 kali dalam setahun dan memuat tulisan dengan fokus pada kajian gerakan transnasional, kebijakan luar negeri, diplomasi, politik global, dan isu keamanan kontemporer. Jurnal intermestic merupakan jurnal pendatang baru karena terbit sejak 2016. Meski berstatus baru, jurnal ini sudah terakreditasi SINTA peringkat 2. Jika jurnal HI di kampus lain terbit versi cetak dan online, jurnal ini justru hanya terbit versi online. Tulisan para akademisi HI Indonesia yang ada di jurnal ini dapat diakses melalui http://intermesticjournal.fisip.unpad.ac.id/index.php/intermestic.

7. Journal of ASEAN Studies Universitas Binus. Jika jurnal HI di kampus lain menerbitkan tulisan jurnal dengan fokus yang beragam, HI Binus justru fokus pada satu kajian saja yakni tentang ASEAN. Ini sangat membantu mahasiswa HI yang menempuh studi dengan peminatan ASEAN. Mahasiswa dapat menemukan berbagai tulisan tentang studi ASEAN di jurnal ini, seperti diplomasi, ekonomi politik, perdagangan, keamanan, geopolitik, gerakan transnasional, isu lingkungan, hukum, termasuk bisnis dan industri. Tulisan jurnal dapat diakses pada laman https://ir.binus.ac.id/jas/.