hadigah
(Foto: Asma Shufa/reviewnesia.com)
0 Shares

Tidak sedikit orang yang tahu tentang tempat yang satu ini yaitu hadigah. Tempat ini sangat terkenal khususnya bagi WNI yang ada di Saudi Arabia. Tempat ini merupakan tempat menjual berbagai makanan serta minuman khas Indonesia.

Kata hadigah itu sendiri berasal dari bahasa Arab yaitu “Hadiqah” yang artinya taman. Karena memang  tempat ini adalah sebuah taman yang berada di pinggir jalan dan juga terletak di tengah pusat kota. Lebih tepatnya dekat dengan bundaran jangka atau dalam bahasa Arab dikenal dengan sebutan “Dawwar Handasah”. Bundaran ini sangat terkenal di kota Jeddah. Hadigah ini juga dekat dengan pusat perbelanjaan. Tempat ini biasa digunakan untuk bersantai sambil menikmati angin sepoi-sepoi dan pemandangan jalan raya yang indah.

Seiring berjalannya waktu WNI di Saudi Arabia tiba-tiba berjualan makanan dan minuman khas Indonesia sehingga memiliki banyak pengunjung. Walaupun sebenarnya tempat ini bukan tempat untuk berjualan. Hanya sebatas untuk bersantai-santai dan juga bermain layaknya taman pada umumnya.  

Berikut fakta-fakta menarik hadigah di kota Jeddah:  

Baca Juga: Hadigah Pasar Gelap WNI di Jeddah

1. Harga terjangkau

Jika dilihat dari harga makanan dan juga minuman yang terdapat di hadigah. Hal ini bisa dikatakan murah dan sangat terjangkau dibandingkan harga makanan  yang terdapat di restoran-restoran. Anda bisa menikmati berbagai minuman khas indonesia dengan harga paling murah 5 SR. Dan harga makanan yang terdapat disana dengan harga pling murah kisaran 5-10 SR. Dan juga pengunjung yang datang kesana pun WNI dari kalangan pelajar hingga para Tenaga Kerja Indonesia. Jadi, harga-harga yang terdapat disana sangat disesuaikan dengan para pengunjungnya.

2. Hanya diakhir pekan

Apabila Anda berkunjung ke tempat ini dihari-hari biasa, maka yang anda temukan yaitu hanya taman biasa tanpa ada penjual makanan Indonesia satupun. Karena, memang tempat ini hanya buka di akhir pekan saja yaitu malam jumat dan malam sabtu. Seperti yang kita ketahui juga memang hari libur di Saudi Arabia untuk para pekerja memang di hari jumat. Oleh karena itu, para penjual berjualan di hari libur tersebut. Dimana para pekerja WNI akan berkunjung sekaligus refreshing setelah lelahnya bekerja dengan menikmati makanan khas Indonesia di hadigah.

3. Penjual mendapatkan omset besar

Menurut para penjual yang berjualan di hadigah mereka mendapatkan omset yang cukup besar disetiap minggunya. Perlu diketahui juga para WNI yang berjulan disana bukan hanya seorang saja. Melainkan bahkan lebih dari 10 penjual yang berjualan dengan berbagai jenis macam makanan yang berbeda. Bahkan terkadang ada yang berjualan dengan menu yang sama. Namun memiliki ciri citra khas rasa masing-masing. Omset yang mereka dapatkan setiap minggu permalamnya bisa mendapatkan kurang lebih 1000 SR hingga 1500 SR.

4.  Tempatnya unik (outdoor)

Apabila Anda bosan makan makanan khas Indonesia di dalam rumah makan dan ingin merasakan suasana yang berbeda. Maka, kunjungi hadigah ini. Karena disini Anda menikmati makanan sambil merasakan angin sepoi-sepoi serta dibawah rindangnya pepohonan sambil menikmati indahnya kota Jeddah. Dengan begitu Anda duduk dibawah sambil menggelar karpet. Sehingga Anda terkadang merasa makan di pinggir jalan seperti di Indonesia. Oleh karena itu, tempat makan di hadigah ini bisa dikatakan tempatnya unik dan nyaman.

5. Makanan khas Indonesia tersedia lengkap disana

Mengapa dikatakan demikian?. Karena memang segala makanan khas Indonesia tersedia disana. Karena, WNI yang berjualan disana pun banyak. Mulai dari makanan ringan atau bisa disebut jajanan pasarpun tersedia. Seperti onde-onde, kue cucur, klepon, lemper, naga sari, dan masih banyak lagi. Dan makanan berat yang tersedia disana pun lengkap mulai dari aneka olahan makanan ayam, daging, dan bahkan bebek pun ada. Tidak lupa segala aneka minuman segar pun tersedia disana seperti es campur, es cendol, susu soda, es teh, dan masih banyak lagi. Lengkap sekali bukan?.

0 Shares