wisata umrah
Wisata umrah dengan sahabat (Foto: Asma Shufa/reviewnesia.com)
43 Shares

Jika Anda beribadah umrah, tentu tidak akan ketinggalan juga untuk pergi ke destinasi wisata umrah yang akan Anda kunjungi di Saudi Arabia, bukan ?. Sepertinya memang tidak lengkap jika tidak mengunjungi beberapa destinasi wisata umrah yang ada di Saudi Arabia, karena salah satu pengenalan atau identitas sebuah negara, khususnya Saudi Arabia salah satunya melalui destinasi wisata umrah. Melihat latar belakang Saudi Arabia sebagai negara dengan berbagai cerita sejarah yang melekat, tentu Anda akan disuguhi dengan berbagai tempat-tempat indah yang sangat bersejarah. Jadi, selain Anda pergi ke tempat suci seperti Masjidil Harom (Makkah) dan Masjid Nabawi (Madinah) dan masih ada banyak lagi destinasi wisata umrah yang harus Anda kunjungi.

Banyak yang beranggapan bahwa negara Saudi Arabia itu hanya padang pasir saja dan tidak ada tempat yang bagus disana. Namun, ternyata banyak tempat-tempat indah yang bisa Anda kunjungi setelah melaksanakan seluruh rangkaian ibadah umrah atau haji. Selain hanya untuk jalan-jalan tapi juga Anda bisa berkunjung ke tempat-tempat yang bisa menambah ilmu serta pengalaman. Berikut 10 rekomendasi destinasi wisata umrah menarik yang bisa dikunjungi oleh jamaah umrah/haji versi Tim Reviewnesia :

Baca Juga: 8 Restoran Indonesia di Jeddah Terbaru

1. Al Balad, Corniche Commercial Center

balad jeddah
Pusat perbelanjaan ini sangat terkenal dan sangat luas(Foto: Asma Shufa/reviewnesia.com)

Tempat ini terletak di kota Jeddah. Al Balad memang kerap dikunjungi para jamaah umrah khususnya yang berasal dari Indonesia dan bahkan para turis mancanegara. Al Balad memang sangat ramah di telinga para jamaah Indonesia karena banyak terdapat toko-toko bertuliskan Bahasa Indonesia seperti, Toko Ali Murah, Toko Alamgir Murah. Hal ini dapat menarik perhatian jamaah umrah yang berasal dari Indonesia serta memudahkan mereka untuk berbelanja disana.

Tempat ini merupakan pusat perbelanjaan untuk membeli oleh-oleh khas dari Arab Saudi. Seperti misalnya, sajadah, kurma, gantungan dengan bentuk hewan unta, atau bahkan boneka dengan bentuk unta dan masih banyak lagi hal-hal yang menarik yang dapat dibeli. Pusat perbelanjaan ini sudah berdiri cukup lama. Dan juga disana banyak terdapat restoran Indonesia yang bisa dinikmati oleh para jamaah wisata umrah. Tidak salah jika Al Balad tidak pernah sepi pengunjung.

2. Masjid Juffali

masjid qisos
Masjid ini menjadi saksi semua hukuman berat di Arab Saudi (Foto: Asma Shufa/reviewnesia.com)

Anda yang sudah pernah beribadah umrah atau haji tentu pernah mengunjungi masjid yang sangat indah ini ?. Masjid yang cukup terkenal ini berlokasi di Kota Jeddah dan berdekatan dengan Corniche Commercial Center. Setiap jamaah umrah Indonesia yang datang pasti akan mengunjungi masjid yang satu ini sekaligus menunaikan sholat di dalamnya. Masjid ini memiliki cerita tersendiri yang luar biasa. Masjid ini juga dikenal dengan nama Masjid Qisos.

Kata “qisos”ini  berasal dari Bahasa Arab yang artinya hukuman pancung. Jadi, masjid ini merupakan tempat dimana biasa dilakukan hukuman pancung bagi setiap orang yang memilki kasus-kasus besar seperti kasus pembunuhan dan semacamnya. Hukuman pancung ini dilakukan di samping masjid tersebut. Oleh karena itu mengapa masjid ini dinamakan Masjid Qisos.

3. Jabal magnet atau Gunung Magnet

jabal maghnet madinah
Keunikan tempat ini menjadi saya tarik tersendiri (Foto: binthurairahig/reviewnesia.com)

Tempat wisata yang begitu indah satu ini tepat berada di kota Madinah. Tempat ini berjarak sekitar 60km dari pusat Kota Madinah. Selama diperjalanan menuju ke Gunung Magnet ini Anda akan dimanjakan dengan pemandangan indahnya barisan pegunungan khas Arab Saudi di sepanjang jalan. Banyak jamaah umrah yang ingin berkunjung ke tempat ini karena keunikannya.

Mengapa dikatakan unik ?, karena sesuai dengan nama dari tempat ini yaitu, Gunung Magnet. Jadi, gunung ini memiliki daya magnet yang sangat kuat sehingga apabila ada suatu kendaraan yang berjalan di daerah bukit ini kendaraan tersebut akan berjalan dengan sendirinya tanpa dikemudikan. Jadi, tempat ini sangat menarik untuk dikunjungi.

4. Masjid Al- Rahmah atau Masjid Terapung

masjid terapung jeddah
Masjid ini terlihat benar mengapung diatas air dan sangat menakjubkan (Foto: Talabul Amal/reviewnesia.com)

Masjid ini merupakan salah satu masjid yang sangat indah karena berbeda dengan masjid lainnya. Masjid ini berlokasi di kota Jeddah dan juga merupakan salah satu masjid yang banyak dikunjungi oleh para jamaah umrah dari seluruh dunia khusunya Indonesia. Luas masjid ini mencapai 2.400 meter persegi. Biasanya, Jamaah umrah berkunjung saat pagi hari atau saat matahari akan terbenam. Jadi, sambil menikmati indahnya matahari terbenam langsung menghadap ke arah laut.

Masjid ini dikenal dengan sebutan Masjid Terapung. Mengapa disebut masjid terapung karena masjid ini didirikan benar terapung di atas air laut. Sehingga jika Anda berkunjung serta melaksanakan sholat ke masjid ini. Maka Anda sekaligus menikmati indahnya laut sambil mendengar suara ombak yang besar. Membuat ingin tinggal lebih lama bukan ?.

5. Museum Makkah

museum makkah
Banyak benda peninggalan zaman dahulu di tempat ini (Foto: Asma Shufa/reviewnesia.com)

Tempat satu ini tidak kalah menarik untuk dikunjungi bagi Anda yang ingin berwisata di Saudi Arabia. Ditempat inilah Anda akan mendapatkan banyak pengetahuan dan hal-hal baru dengan berbagai sejarah yang dapat kita temui di dalamnya. Museum ini terletak tepat di Kota Makkah.

Apabila Anda berkunjung ke tempat ini Anda akan melihat benda-benda seperti pintu Makkah pada zaman dahulu, mesin penjahit kiswah ka’bah pada zaman dahulu dan bahkan Anda dapat menemui berbagai jenis Alquran pada zaman dahulu hingga saat ini. Oleh karena itu, tempat ini sangat direkomendasikan untuk para jamaah umrah/haji yang datang ke Saudi Arabia. Dengan begitu Anda akan mengenal serta melihat benda-benda bersejarah di kota makkah pada zaman dahulu. Jadi, beribadah sambil wisata dan juga belajar.

6. Kebun Kurma

kebun kurma madinah
Bersantai di kebun kurma madinah (Foto: Talabul Amal/reviewnesia.com)

Tidak lengkap rasanya jika setelah beribadah umrah atau haji di Saudi Arabia dan tidak mencicipi langsung kurma dari Kebun Kurma satu ini. Terletak tepat di Madinah, kebun ini juga sudah tidak asing lagi di kalangan para jamaah umrah atau haji. Di kebun kurma ini Anda bisa mengetahui berbagai jenis kurma. Mulai dari Kurma Ajwa, Sukkari, Rutob dan masih banyak lagi.

Saat Anda memasuki kebun kurma ini Anda akan dinaungi oleh rindangnya pohon kurma yang sangat banyak dengan tinggi yang menjulang. Area kebun kurma inipun sangat luas. Menikmati indahnya kebun kurma sambil berfoto-foto. Jamaah wisata umrah yang berkunjung ke kebun kurma ini juga bisa sambil menikmati kurma yang disediakan disana. Apabila Anda ingin membeli oleh-oleh kurma, disana juga disediakan pasar kurma yang juga terletak di dalam area kebun kurma tersebut.

7. King Fahad’s Fountain

air mancur jeddah
Air mancur tertinggi yang hanya ada di negara Saudi Arabia (Foto: Asma Shufa/reviewnesia.com)

King Fahad’s Fountain atau Air Mancur King Fahad’s ini merupakan objek wisata yang sangat indah dan menarik untuk dikunjungi. Keindahannya yang tidak biasa yaitu air mancur ini berada di tengah laut dan merupakan salah satu air mancur tertinggi di dunia dengan ketinggian mencapai 853 meter. King Fahad’s Fountain ini berada di Kota Jeddah.

Keindahan laut ini bisa kita nikmati disiang hari atau dimalam hari. Namun, jika dimalam hari jauh lebih indah karena terdapat pancaran lampu-lampu  yang memancar disekitar laut  dan juga tersorot ke arah air mancur tersebut. Oleh karena itu tempat wisata ini wajib dikunjungi oleh jamaah umrah/haji yang datang kesini.

8. Jabal Nur atau Gua Hira

jabal nur makkah
Tempat nabi menerima wahyu (Foto:_rahmat_ullahig/reviewnesia.com)

Tempat satu ini sudah tidak asing lagi di kalangan para jamaah umrah atau haji. Bahkan, mereka sepertinya memang akan mengunjungi tempat bersejarah satu ini. Jabal Nur ini terletak di Kota Makkah. Untuk mendaki Jabal Nur tentu dibutuhkan fisik yang cukup prima karena letaknya yang cukup tinggi. Tinggi gunung ini mencapai kurang lebih 600 meter dan untuk mendaki gunung ini kurang lebih memakan waktu 1 jam.

Seperti yang kita ketahui Jabal Nur atau Gunung Nur ini merupakan gunung yang terdapat gua yang dinamakan “Gua Hira”. Dimana tempat ini merupakan tempat saat Nabi Muhammad SAW mendapatkan wahyu pertama yang diturunkan melalui perantara Malaikat Jibril.

9. Masjid Quba

masjid quba madinah
keindahan serta kemegahan masjid yang sangat menakjubkan (Foto: Asma Shufa/reviewnesia.com)

Masjid Quba merupakan masjid dengan keindahan arsitekturnya yang luar biasa. Dibangun dengan nuansa putih dan dengan bangunan khas Timur Tengah, masjid ini menjadi salah satu masjid favorit para jamaah umrah atau haji. Masjid Quba terletak di Kota Madinah dan kurang lebih berjarak 3 kilometer dari Masjid Nabawi.

Masjid ini dikatakan istimewa karena merupakan masjid pertama  yang dibangun oleh Nabi Muhammad SAW. Setelah Anda melaksankan sholat di Masjid Quba ini Anda juga bisa membeli oleh-oleh seperti peci, sajadah kecil, dan masih banyak lagi. Karena disekitar masjid tersebut terdapat pasar kecil menjual oleh-oleh yang dapat Anda kunjungi. Seperti yang kita ketahui mengunjungi dan sholat sunnah didalamnya memiliki keutamaan yang luar biasa. Dan juga disebutkan bahwa sholat dua rakaat di dalam Masjid Quba ini pahalanya sama seperti dengan ibadah umrah.

10. Kereta Gantung atau Cable Car

kereta gantung thaif
Kereta gantung taif yang menjadi favorit bagi wisatawan (Foto: thelifeofrenig_/reviewnesia.com)

Setelah Anda melaksanakan ibadah umrah atau haji, tempat wisata yang wajib Anda coba satu ini berada di Kota Taif dan jaraknya tidak terlalu jauh dari Kota Makkah. Kota Taif ini terkenal akan kesejukan cuacanya. Dan merupakan salah satu kota di Saudi Arabia yang cuacanya tidak pernah panas. Di kota Taif ini banyak menawarkan destinasi wisata salah satunya yaitu kereta gantung dengan pemandangan yang begitu indah yang terdapat disana.

Saat  Anda akan mengujungi kota ini, Anda akan melewati jalan yang berkelok-kelok serta terdapat gunung batu di samping kanan kiri- jalan. Jauh lebih indah jika Anda menikmatinya dengan menaiki kereta gantung yang terdapat disana. Karena Anda akan melihat jalan yang berkelok dan pegunungan batu tersebut dari atas ketinggian. Destinasi wisata ini sangat direkomendasikan untuk jamaah umrah sebelum kembali ke Tanah Air.

43 Shares