fiki naki dayana
Fiki Naki merupakan wujud dari citizen diplomasi. (Foto: Talabul Amal/reviewnesia.com)

Diplomasi mungkin sudah menjadi teman dekat bagi penstudi Hubungan Internasional, bahkan di era kontemporer ini tidak sedikit kegiatan yang dilakukan oleh negara dan non negara tanpa disadari bahwa apa yang mereka lakukan itu merupakan bentuk dari sebuah diplomasi.

Pengertian mengenai diplomasi sudah banyak digaungkan oleh berbagai pemikir politik. Salah satu pengertian mengenai diplomasi yang sangat mudah dan umum dipahami oleh banyak orang bahwa diplomasi merupakan seni dan praktik bernegosiasi oleh seseorang (disebut diplomat) yang biasanya mewakili sebuah negara atau organisasi, umumnya proses negosiasi tersebut untuk menghindari maupun mengelola konflik antar Negara atau untuk mencapai tujuan tertentu.

Lalu, mengapa disebut seni ? Iya, karena didalamnya seseorang ditantang untuk mampu bernegosiasi dalam sebuah Bahasa yang dapat mempengaruhi pihak lawan bicara sehingga akan menghasilkan suatu perubahan atau kesepakatan penting. Menarik bukan ?.

Banyak kegiatan diplomasi yang sudah menghasilkan sebuah kerja sama dalam suatu bidang seperti contohnya kerja sama dalam bidang politik, ekonomi, pendidikan, dan bahkan pada tujuan tertentu seperti menjalin hubungan baik dengan warga negara lain. Biasanya individu ketika mempraktekan diplomasi, mereka menggunakan gaya bicara yang halus, penuh rayuan, dan hiburan untuk mencapai sebuah kepentingan.

Baca Juga: 3 Faktor Penentu Keberhasilan Diplomasi Koersif

Selain diplomasi yang diperankan oleh negara dan organisasi, terdapat peranan individu dalam melakukan diplomasi. Citizen diplomasi adalah perpanjangan dari diplomasi yang di lakukan oleh keduanya. Citizen diplomasi di gagas oleh perorangan untuk mencapai tujuan tertentu. (Khasan, Ashari 2015)

Membicarakan tentang citizen diplomasi, belakangan ini media sosial dikagetkan dengan seorang youtuber muda yang mampu menguasai berbagai bahasa asing yaitu Fiki Naki. Di ketahui dari kanal youtube pribadinya, pemuda kelahiran Pekalongan itu mampu berbicara bahasa asing mulai dari Bahasa Inggris, Russia, Spanyol dan Rumania. Fiki yang seorang konten creator mempraktekan kemampuan Bahasanya tersebut dengan orang asing di sebuah aplikasi media social yaitu OMETV. Hal tersebut Ia lakukan agar dapat mencapai tujuan nya yaitu semakin fasih dalam berbahasa asing.

Baca Juga  Indonesia and Tiongkok Cooperation towards Global Maritime Diplomacy

Diketahui, OMETV merupakan sebuah platform media sosial untuk berkenalan secara online baik itu dengan cara chat, kirim emoji, main serta obrolan video di seluruh dunia yang berbeda latar belakang, budaya, dan lainnya. Sedangkan YouTube merupakan salah satu media sosial dengan situs web yang menyediakan berbagai macam video yang dibuat oleh para pengguna YouTube itu sendiri.

Melalui OMETV, diketahui bahwa Fiki Naki dipertemukan dengan Dayana, seorang wanita asal Kazakhtan yang sangat antusias dengan ketampanan dan kemampuan berbahasa asing yang dimiliki Fiki Naki. Hal tersebut membuat Dayana tidak segan untuk dapat berkunjung ke Indonesia bertemu secara langsung dengan Fiki.

Di kanal YouTube pribadi Fiki Naki, Ia mempersembahkan video percakapannya dengan Dayana, tidak disangka ternyata banyak sekali masyarakat yang antusias dengan video tersebut sehingga penontonnya sudah mencapai jutaan. Keduanya terlihat begitu akrab meskipun hanya berkenalan melalui platform media sosial. Bahkan, video tersebut telah berhasil menjadi trending YouTube dan menjadi perbincangan yang cukup ramai di media sosial Twitter Indonesia.

Melalui akun Instagram pribadinya, Dayana berkunjung ke perwakilan Indonesia di Kazakhtan KBRI Nur-Sultan dan Ia tertarik untuk belajar tentang budaya Indonesia. Ia mencoba memakai kain khas Indonesia, bermain angklung dan juga mendengarkan musik gamelan. Dayana mengatakan bahwa dirinya akan segera berkunjung ke Indonesia untuk bertemu dengan Fiki Naki.

Duta Besar Bapak Rahmat Pramono melalui Instagram resmi KBRI Nur-Sultan menunjukan kunjungan Dayana ke rumah budaya. Dayana ingin belajar bahasa Indonesia dan memasak makanan Indonesia.

Dalam sepekan followers Instagram Dayana terus bertambah hingga mencapai dua juta lebih, hal tersebut terlihat bagaimana netizen Indonesia sangat antusias dengan keduanya bahkan tidak sedikit juga netizen yang mendoakan agar mereka berdua menjadi jodoh.

Baca Juga  Prospek Paradiplomasi di Kalimantan Barat

Hal ini menunjukan bahwa praktek media sosial melalui OMETV yang dilakukan Fiki Naki merupakan wujud dari citizen diplomasi. Fiki Naki telah melakukan proses diplomasi dengan mengajak dan memperkenalkan Bahasa Indonesia kepada Dayana dan memberikan citra baik di dunia internasional terhadap Indonesia sehingga membuat Dayana tertarik untuk mempelajari Budaya Indonesia. Dengan ini menunjukan bahwa citizen diplomasi semakin berkembang dan memberikan pemikiran ilmu baru bagi dunia diplomasi, karena saat ini actor diplomasi tidak hanya terbatas pada peran negara tetapi warga negara juga dapat turut menjadi bagian dari praktek diplomasi itu sendiri.

Sumber Rujukan :

Ashari, Khasan. (2015). Kamus Hubungan Internasional. Bandung: Nuansa Cendekia