Bangunan Terangker di Indonesia
Melihat berbagai bangunan megah di Indonesia dan tentunya kemegahan tersebut tidak lepas dari makhluk tidak terlihat yang menyeramkan (Foto: jogjaig/reviewnesia.com)
0 Shares

Melihat berbagai bangunan megah di Indonesia dan tentunya kemegahan tersebut tidak lepas dari makhluk tidak terlihat di dalamnya. Namun, beberapa bangunan-bangunan tersebut ternyata tidak sedikit yang sudah tidak berfungsi kembali. Sehingga membuat penampakan isi bangunan tampak menyeramkan atau biasa disebut angker. Berikut 5 gedung terangker di Indonesia versi tim reviewnesia:

1. Taman Festival Bali

Taman Festival Bali
Bangunan yang sudah tidak berfungsi selama belasan tahun ini membuat suasananya menjadi angker. (Foto: hgani75ig/revienesiacom)

Taman yang terletak di wilayah Sanur, Bali ini awalnya direncanakan akan dibangun sebagai taman rekreasi bermain dengan nuansa ala-ala Bali dengan segala kemewahannya yang dibangun di awal tahun 1997. Akan tetapi, akibat adanya sistem pengelolaan pembangunan yang korup, sehingga membuat proyek pembangunan taman festival ini harus terhenti tepat di tahun 2000. Bangunan yang sudah tidak berfungsi selama belasan tahun ini membuat suasananya menjadi angker. Masyarakat sekitar mengatakan bahwa sering mendengar suara jeritan keras dari dalam taman ini. Serta bayangan-bayangan makhluk tak kasat mata yang menghantui masyarakat sekitar. Hingga taman festival ini disebut sebagai taman hantu. Bahkan, tempat ini sudah menjadi kutukan bagi masyarakat sekitar karena terlalu banyak hal-hal aneh terjadi di sana. Terbayang kan jika datang sendiri ke sini bagaimana nyalimu akan benar-benar diuji.

2. Lawang Sewu

Lawang Sewu
Nuansa angker di lawang sewu tidak dapat diragukan, beberapa kali dijadikan ajang uji nyali (Foto: dettapspita_ig/reviewnesiacom)

Bangunan yang terletak di kawasan Sekayu, Kota Semarang ini telah dibangun sejak tahun 1904 dan selesai pada tahun 1907. Bangunan ini dahulunya digunakan sebagai kantor pusat kereta api penjajah Belanda yang datang ke wilayah Jawa Tengah. Tidak hanya itu, bangunan Lawang Sewu ini dulunya juga sempat dipakai oleh pihak penjajah Jepang sebagai tempat untuk menyiksa dan menyekap para tahanan hingga tidak sedikit tahanan yang tewas di sana. Setelah itu, bangunan ini tidak berfungsi kembali dengan rentang waktu yang cukup lama. Hal tersebut membuat tempat ini semakin terasa angker. Nuansa angker tersebut juga diperkuat dari gaya bangunannya, salah satunya terdiri dari banyak pintu. Konon, banyak sekali para wisatawan yang datang untuk berkunjung dan kemudian melihat sosok makhluk tak kasat mata di setiap sudut-sudut ruangan.

Baca Juga: Hotel Termahal di Indonesia

3. Menara Saidah

Menara Saidah
Konon terdapat hantu wanita didalam gedung ini, beberapa perusahaan yang menggunakan gedung ini pasti mengalami hal aneh (Foto: moch.hasyim11ig/reviewnesiacom)

Mungkin bagi masyarakat Ibu Kota, khususnya yang berada di wilayah Pancoran, Jakarta Timur sudah tidak asing lagi dengan Menara Saidah ini. Bangunan ini pada awalnya adalah sebuah perkantoran dengan nama Gracindo. Namun setelah di renovasi, bangunan ini diganti menjadi Menara Saidah yang terdiri dari 28 lantai. Bangunan ini sudah tidak berfungsi kembali sejak tahun 2007 karena ada masalah dengan posisi bangunan yang sangat membahayakan, serta para staf pekerja dari berbagai perusahaan yang menyewa di gedung ini mengalami hal-hal yang sangat menyeramkan. Terdapat lorong gelap di dalam bangunan ini. Terkenal sangat menyeramkan dengan adanya hantu wanita berbaju merah. Aura menyeramkan juga dikarenakan adanya keranda jenazah yang terletak di lantai 3 dari bangunan ini. Sangat menyeramkan bukan?

4. Rumah Darmo

Rumah Darmo
Sosok mahluk halus di tempat ini seing menampakan diri seperti harimau dan genderuwo (Foto: joe_aryaig/reviewnesiacom)

Rumah mewah yang terletak di wilayah Sukomanunggal, Surabaya ini begitu terkenal angker dengan segala kisah mistisnya. Rumah mewah ini konon didapatkan dengan cara yang tidak baik. Pemilik menggunakan pesugihan untuk mendapatkan segala kekayaannya, termasuk rumah Darmo ini. Anggota keluarga ini tenggelam dan tewas bersamaan ketika sedang berekreasi di salah satu tempat wisata di Bali sampai tidak ada lagi yang menempatinya. Akhirnya, rumah ini tidak terawat dan menjadi angker. Sosok harimau konon menjadi sosok yang sangat terkenal dan juga genderuwo yang sering membuat takut masyarakat sekitar. Tempat ini bahkan telah menjadi ajang uji nyali banyak orang. Berani mencobanya?

5. Toko Wong

Toko Wong
Sempet dijadikan tahanan politik yang terlibat G30S toko ini menjadi angker, beberapa ditembak dan tewas mengenaskan (Foto: radar.baliig/reviewnesiacom)

Toko ini berlokasi di wilayah Jembarana, Bali. Siapa sangka toko ini adalah salah satu bangunan yang menjadi saksi sejarah kekejaman peristiwa G30S tahun 1965. Bangunan ini terletak di tempat yang cukup tersembunyi dan sempit sehingga tidak sedikit orang tahu mengenai toko ini. Dahulu, tempat ini dijadikan sebagai tempat tahanan politik yang dianggap terlibat dalam kasus G30S. Mereka semua ditembak hingga tewas dan kemudian dibuang di dalam sumur dekat bangunan ini. Banyak masyarakat sekitar yang sering dihantui dengan sosok tak kasat mata menyeramkan yang berlalu lalang di dalam bangunan ini.

6. Wisma Tumapel

Wisma Tumapel
Meskipun menjadi tempat menyeramkan di kota Malang namun tempat ini sering dijadikan tempat foto oleh muda mudi (Foto: kj_muaffiig/reviewnesiacom)

Bangunan yang terletak di daerah Splendit, Kota Malang ini awalnya adalah sebuah bangunan Hotel Splendit cukup mewah pada masanya. Didirikan tahun 1928 dan merupakan bekas kantor pemerintahan Jepang yang menduduki wilayah Malang pada tahun 1944. Bangunan ini mulai dikosongkan sejak tahun 2009 karena ada rencana bahwa bangunan Wisma ini akan direnovasi ulang menjadi hotel. Kondisi bangunan yang sudah lama tidak ditinggali akhirnya menyebabkan bangunan ini mendatangkan cerita misteri dari beberapa orang yang telah masuk ke Wisma ini. Banyak juga bekas-bekas bercak darah yang masih tertinggal di lantai bangunan sehingga menambah kesan angker. Ketika kita mengunjungi Wisma Tumapel ini terdapat beberapa aturan yang harus ditaati. Seperti larangan untuk membuka pintu-pintu ruangan yang tertutup, larangan berteriak, serta larangan untuk memotret di sudut-sudut tertentu. Wisma ini juga memiliki bangunan yang tidak boleh seorang pun membukanya, kecuali jika Ia ingin benar-benar melakukan uji nyali. Wah kedengarannya sangat menyeramkan bukan ?

0 Shares