Tips Sebelum Mendaki Gunung
Hasil tidak pernah menghianati prosesnya, begitu juga dengan mendaki gunung, kalian akan terkejut setelah berada di puncak (Foto: Syelda Titania/reviewnesia.com)
3 Shares

Mendaki gunung tentu merupakan sebuah hobi bagi kebanyakan orang. Bahkan mereka sampai rela merogoh kocek besar hanya demi menggapai sebuah destinasi gunung yang mereka ingin datangi. Berbagai persiapan perlu dilakukan secara matang. Tetapi, ternyata masih banyak para pendaki yang tidak mengetahui persiapan dan tips sebelum melakukan kegiatan pendakian. Padahal tips tersebut sangatlah penting untuk dipersiapkan agar kegiatan pendakian menjadi lebih asyik dan menyenangkan. Berikut 7 tips ala aktivis pendaki gunung, Rezky Wahyudi yang berhasil diabadikan oleh tim reviewnesia.

1. Mengetahui informasi seputar gunung yang akan di daki

Sebelum mendaki gunung tujuan, hendaknya kita harus mengetahui gunung apa yang akan kita datangi, di mana lokasinya, bagaimana kita untuk bisa sampai di tempat gunung tujuan tersebut, dan bagaimana trek pendakian di gunung tujuan tersebut. Semua hal itu sangat penting sekali untuk disiapkan agar perjalanan pendakian berjalan dengan baik. 

2. Mengetahui kesiapan fisik dan mental

Kesiapan fisik dan mental sebelum mendaki gunung tentu sangat dibutuhkan karena kita tidak tahu apa yang akan terjadi di tengah perjalanan pendakian. Seorang pendaki dituntut untuk tidak boleh hilang harapan, menyerah, hilang semangat, dan tidak boleh salah mengambil tindakan ketika menghadapi bahaya yang terjadi dalam perjalanan pendakian. Karena itu semua akan membahayakan diri mereka. Selain itu, kemampuan fisik juga sangat diperlukan melalui olahraga yang teratur, asupan makanan yang cukup, dan istirahat yang cukup sebelum memulai pendakian. 

Baca Juga: 15 Rekomendasi Gunung untuk Pendaki Pemula Terbaru

3. Mempersiapkan segala hal yang dibutuhkan sebelum pendakian

Segala hal yang dirasa dibutuhkan pada saat pendakian seperti alat-alat pendakian sebaiknya disiapkan jauh-jauh hari. Hingga ketika mendekati tanggal pendakian kita sudah tidak lagi dibingungkan dengan kebutuhan yang wajib kita bawa. Apalagi tentang kekuatan fisik, kita wajib berolahraga jauh hari sebelum pendakian dimulai. 

4. Mengajak teman berpengalaman mendaki gunung

Hal ini diutamakan untuk Anda yang masih cukup awam dalam mendaki gunung. Sangat penting ditemani oleh salah satu teman yang sudah berpengalaman atau setidaknya sudah pernah mendaki gunung beberapa kali supaya kita bisa mendapatkan briefing mengenai hal-hal penting yang harus kita bawa dan kita lakukan di dalam perjalanan pendakian. Terutama ketika ada bahaya yang terjadi dalam pendakian. Mereka yang sudah berpengalaman tentu akan membantu kita untuk mengatasinya. 

5. Memahami kemampuan dasar survival

Ketika akan mendaki, seseorang dituntut untuk memahami cara-cara bertahan hidup di alam (survival) dengan segala keterbatasan alat ataupun makanan yang dibawa pada saat mendaki. Bahkan kita harus belajar bagaimana jika di gunung yang kita kunjungi belum ada fasilitas toilet atau sumber air yang dekat dengan lokasi camp ground. Bagaimana jika terjadi hujan badai, jika tersesat, dan lain sebagainya. Hal-hal tersebut harus selalu dipikirkan dan dipersiapkan agar tidak mengalami kebingungan saat proses mendaki.

6. What to do and not to do there

Jika kita akan mendaki gunung, hal yang sangat penting adalah mengetahui etika dan hal-hal yang dilarang atau disarankan untuk dilakukan ketika berada di gunung tersebut. Setiap gunung tentu mempunyai aturan tersendiri yang berbeda. Seperti misalnya di gunung Arjuno kita tidak boleh mengucapkan kata “dingin” walaupun saat itu kita sedang kedinginan. Segala etika tersebut tentu demi keselamatan kita sebagai pendaki. Meskipun beberapa larangan tersebut ada juga yang merupakan mitos. Akan tetapi lebih baik kita menurutinya, jika dirasa baik untuk keselamatan. Hal tersebut harus menjadi perhatian agar tidak terjadi salah kaprah ketika mendaki. Sesuai dengan peribahasa, di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung”.

7. Mempersiapkan peralatan yang tepat guna

Mendaki gunung bukan tentang berpetualang seperti biasa. Mendaki gunung adalah tentang bagaimana kita mengenali diri kita sendiri. Apakah kita mampu secara fisik dan mental menghadapi berbagai tantangan yang ada dalam perjalanan pendakian. Serta kuat untuk bertahan hidup di tengah alam terbuka. Semua itu dapat kita lakukan jika kita mempersiapkan peralatan pendakian yang cukup agar tidak membahayakan diri kita sendiri. Bagi setiap pendaki, sebaiknya memperhatikan peralatan pendakian yang penting dibawa meskipun kecil. Apalagi seperti peralatan yang digunakan untuk memasak, botol air, dan juga korek api.

3 Shares