Media Internasional
Beberapa media internasional dibawah ini sangat berperan dalam penyampaian informasi (Foto: biswardihasbiwordpresscom/reviewnesia.com
0 Shares

Media massa bukan hanya sebagai sumber informasi politik, tetapi juga sebagai sumber pendorong dan perubahan dalam konstelasi politik global. Secara umum, media massa memiliki ciri khas dan kecenderungan dalam melakukan penerbitan berita dan penjelasan peristiwa internasional. Media juga memiliki peranan yang begitu signifikan dalam komunikasi politik internasional. Secara lebih luas, media tidak hanya sebagai saluran penyampaian berita tetapi juga menjalankan misi pemilik media yang menaunginya. Pada komunikasi lintas negara, media juga dipandang sebagai wadah untuk menyampaikan pesan dan kepentingan negara. Berikut 6 media internasional terpopuler dunia versi Reviewnesia:

1 . Cable News Network (CNN) merupakan saluran berita kabel asal Amerika Serikat yang didirikan pada tahun 1980 oleh seorang konglomerat media Ted Turner. Saat diluncurkan, CNN merupakan saluran televisi pertama yang melakukan penyiaran berita selama 24 jam. Meski sudah memiliki banyak cabang, CNN justru masih lebih sering mengudara dari kantor pusatnya di CNN Center yang berlokasi di Atlanta dan di Washington, D.C.

Baca Juga: 5 Media Massa Favorit untuk Publikasi Tulisanmu

2. Al Jazeera merupakan stasiun televisi berbahasa Arab dan Inggris yang berbasis di Doha, Qatar. Stasiun ini menjadi sangat populer setelah serangan 11 September 2001 ketika stasiun ini menyiarkan rekaman penyataan Osama Bin Laden dan pemimpin Al-Qaeda lainnya. Selain sebagai saluran berita utama, Al Jazeera juga mengoperasikan saluran televisi khusus lainnya seperti Al Jazeera English, Al Jazeera Sport, Al Jazeera Live, dan juga Al Jazeera Children Channel. Al Jazeera juga mengklaim sebagai satu-satunya televisi yang independen secara politik di Timur Tengah. Al Jazeera juga dipandang sebagai penyaing media lain seperti BBC.

3. BBC World News adalah stasiun siaran berita 24 jam yang diluncurkan pada tahun 1991. Pada tahun 1995 BBC World News berubah nama menjadi BBC World sampai dengan 21 April 2008. BBC World dinobatkan sebagai saluran berita internasional terbaik dari penghargaan Asosiasi Penyiaran Internasional pada November 2006. Pesaing terberat media ini adalah Al Jazeera dan CNN Internasional. Program berita yang disiarkan oleh BBC News meliputi BBC world News, BBC World News Hour, World News Today, Business Report, Middle East Business Report, dan Asia Today.

4. Voice of America (VoA) adalah organisasi berita multimedia terbesar AS yang menyediakan konten dalam 45 bahasa di negara-negara dengan kebebasan pers yang terbatas. Setelah berdiri di tahun 1942, VoA memiliki komitmen untuk menyediakan liputan independen terlengkap dan menyajikan fakta bagi para audiennya. VoA dibiayai penuh oleh pajak yang bersumber dari warga Amerika yang merupakan bagian dari US Agency for Global Media. VoA terus berusaha menjadi sumber berita yang akurat dan objektif. VoA merupakan media yang mewakili Amerika, bukan berdiri pada golongan tertentu saja. Pada tahun 1994, Kongres AS memberikan pengesahan mengenai Undang-Undang Penyiaran Internasional AS. UU tersebut berisi bahwa setiap jurnalis VoA harus menampilkan berita yang dapat dipercaya, akurat, objektif, dan berimbang dalam menggambarkan keberagaman yang terdapat di AS.

5. The New York Times adalah merupakan media cetak Koran Harian yang diterbitkan di New York oleh Arthur Ochs Sulzberger dan didistribusikan ke seluruh dunia. Media cetak ini adalah milik perusahaan The New York Company yang juga menerbitkan 15 jenis Koran lainnya seperti Boston Globe dan International Herald Tribune. Media cetak ini diterbitkan pertama kali pada 18 September 1851 oleh Henry Jarvis Raymond. Media ini memperoleh reputasi yang baik karena jangkauan persebaran yang bisa menembus banyak negara di dunia. Koran harian ini juga menyediakan layanan online bagi para pembaca yang terdiri dari beberapa rubrik seperti politik, bisnis, sains, olahraga, seni, food, travel, dan rubrik opini.

6. Jakarta Post merupakan Koran Harian berbahasa Inggris yang berada di Indonesia. Media ini adalah milik PT Bina Media Tenggara yang berkantor di Jakarta. Terbit pertama kali pada tahun 1983 dan merupakan salah satu harian Indonesia berbahasa Inggris yang selamat dari krisis keuangan Asia tahun 1997. Setelah mengalami pergantian kepala editor di tahun 1991, Jakarta Post mulai mengambil posisi yang pro-demokrasi. Jakarta Post juga menyediakan edisi daring yang memuat berita politik, ekonomi, dan isu-isu yang sedang hangat dari dunia internasional. Jakarta Post mendapatkan julukan sebagai harian paling terkemuka berbahasa Inggris di Indonesia. 

0 Shares