Kecanduan Sosial Media
. Tidak sedikit akhirnya aplikasi-aplikasi sosial media yang dikemas dengan menarik bermunculan dan membuat penggunanya candu (Foto: aleqtcom/reviewnesiacom)
3 Shares

Era kontemporer dilekatkan dengan pesatnya pertumbuhan teknologi yang semakin modern membuat masyarakat dalam kehidupan sehari-hari tidak dapat lepas dari peranan sosial media. Segala aktivitas kini dapat dilakukan secara Online. Tidak sedikit akhirnya aplikasi-aplikasi sosial media yang dikemas dengan menarik  bermunculan dan membuat penggunanya candu, seperti halnya, Instagram, Youtube, Twitter, dan aplikasi lainnya. Namun, apakah kita sadar segala akses kemudahan yang ada di sosial media mendatangkan bahaya untuk kita? Serta bagaimana langkah mudah untuk mengatasi kecanduan sosial media tersebut ? 

Baca Juga: Generasi Sandwich, 3 Faktor Penyebab dan Dampaknya?

Berikut penjelasan Bahaya Kecanduan Sosial Media:

1. Gangguan tidur

Jika kita melakukan akses sosial media terlalu lama, hal tersebut dapat mendatangkan bahaya kesehatan pada kita melalui gangguan tidur yang kita alami. Mungkin Anda yang suka bermain sosial media sering sekali mengalami insomnia bukan? Akibatnya, jam tidur kita menjadi berkurang dan atau kita bisa jadi tidak tidur dalam jam teratur yang semestinya. Adanya gangguan tidur yang dialami biasanya akibat mata kita yang terkena sinar layar handphone terlalu lama sehingga hal tersebut sangat mempengaruhi kesehatan mata kita.

2. Rasa Lelah Berlebihan

Tentu Anda yang sering bermain sosial media hingga batas waktu wajar pernah mengalami kelelahan. Padahal tidak banyak pekerjaan berat yang dilakukan dalam hari itu. Namun, lelah tersebut datang dari kegiatan Anda bermain sosial media tanpa henti. Rasa lelah yang berlebihan tersebut datang karena tubuh Anda tidak melakukan gerakan yang membuat tubuh Anda merasa fresh, tetapi justru malah hanya berdiam diri di tempat, duduk, tiduran, dan lain sebaginya sambil bermain sosial media di handphone. Rasa lelah yang berlebihan tersebut akhirnya juga dibarengi dengan gangguan tidur sehingga membuat kesehatan tubuh Anda semakin tidak baik. 

3. Stres dan Emosi Tidak Stabil

Ketika kita sudah kecanduan dengan sosial media hingga melebihi batas waktu yang sewajarnya, tingkat stres akan jauh lebih tinggi. Hal tersebut disebabkan karena banyak hal yang seharusnya kita lakukan menjadi terbengkalai. Selain itu, stres juga datang karena kita membaca atau menemukan postingan-postingan yang membuat kita stres apalagi dengan banyaknya berita hoax yang terkadang kita masih sering tertipu. Kita juga tidak menyadari bahwa stres menyebabkan emosi kita tidak stabil dan membuat mood kita berantakan.

4. Depresi dan Cemas Berlebihan

Di sosial media kita akan banyak menemukan orang-orang yang memperlihatkan sisi kehidupannya, seperti salah satunya adalah apa yang mereka punya dan menceritakan hal-hal positif atau pun negatif yang sedang mereka alami. Hal tersebut menimbulkan perasaan sedih atau cemas dan juga depresi diri kita sendiri. 

5. Menjadi Pribadi Cuek Terhadap Lingkungan Sekitar

Anda tentu pernah mendengar atau membaca kalimat “handphone mendekatkan yang jauh dan menjauhkan yang dekat”. Kalimat itu seakan menjadi teguran untuk kita. Biasanya, ketika kita sudah kecanduan oleh sosial media kita menjadi cuek dengan orang-orang sekitar dan mengurangi interaksi. Padahal, terkadang kita sedang berkumpul bersama teman, keluarga, atau saudara tetapi kita terlalu disibukkan dengan sosial media. 

Bahaya Kecanduan Sosial Media
Bahaya sosial media menjadi tidak terkendali dengan beragam kehadiran aplikasi sosial media seperti ig, fb, tweeter dll. ( Foto: Syelda Titania/reviewnesiacom)

5 cara mengatasi kecanduan sosial media

1. Batasi Waktu Online

Dimulai dengan langkah-langkah yang sederhana, seperti membuat pengaturan screen time di handphone kita untuk membatasi jam online. Hal ini sangat membantu sekali karena, pengaturan ini biasanya akan bekerja maksimal dalam memberikan pembatasan kepada kita untuk bermain handphone. Sistem screen time ini bekerja dengan cara semua aplikasi di handphone akan terkunci pada waktu yang sudah kita atur. 

2. Lakukan Aktivitas yang Menyenangkan

Kita bisa melakukan hal yang kita sukai seperti melakukan hobi kita. Selain itu, bagus juga jika diselingi dengan olahraga, supaya tubuh kita tetap sehat dan bugar dan pastinya tidak mengalami gangguan apapun pada tubuh kita terutama kesehatan mata. 

3. Luangkan Waktu dengan Orang Terdekat

Jika selama ini kita menghabiskan waktu dengan bermain sosial media, maka perlu untuk belajar agar dapat meluangkan waktu dengan orang terdekat kita dengan menghabiskan waktu bersama. Seperti menonton bioskop, pergi ke tempat makan bareng, dan lain-lain yang menghindarkan kita dari bermain handphone

4. Menggunakan Sosial Media dengan Bijaksana

Kita harus menggunakan sosial media dengan baik untuk mencegah bahaya-bahaya yang datang kepada kita, seperti memilah-milah informasi yang baik dan bermanfaat serta membawa positive vibes kepada kita. 

5. Berubah dengan Cara Tepat bukan Cara Cepat

Menghilangkan candu tentu tidak mudah dan tidak dengan proses yang cepat. Perubahan yang dilakukan dalam waktu yang cepat biasanya akan tidak maksimal, namun perubahan dengan cara yang tepat akan dibarengi dengan berbagai proses yang maksimal. 

3 Shares