bali baru indonesia
Keindahan Bali menjadi inspirasi tempat lain untuk mengikuti (Foto : danau_tobasamosirig/reviewnesia.com)
2 Shares

Bali adalah ikon wisata Indonesia yang sudah sangat dikenal dunia. Sering dikunjungi wisatawan mancanegara karena keindahan pantai dan suasananya. Bali merupakan destinasi wisata yang begitu tenang dan terus diincar oleh wisatawan asing. Tempat ini juga terkenal dengan sebutan Island of Gods yang begitu menonjolkan sisi religinya. Tidak heran jika Bali terus menjadi destinasi wisata favorit bagi mereka yang menginginkan kedamaian batin. Infrastruktur dan tingkat kriminal yang rendah juga menjadi alasan mengapa Bali begitu memikat hati wisatawan. Ditambah lagi dengan daya tarik budaya yang sangat kental dan banyak terdapat alternatif wisata selain pantai.

Hal itu diperkuat dengan ketulusan hati warga Bali yang tidak perlu diragukan lagi. Ternyata, Indonesia melalui Kementrian Pariwisata juga sudah menetapkan 10 destinasi Bali baru. Hal ini dilakukan untuk mendorong laju ekonomi seperti yang sudah berhasil dilakukan oleh Bali dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi secara nasional. Berikut destinasi 10 Bali baru milik Indonesia yang akan mendunia versi Reviewnesia:

1 . Danau Toba, Sumatra Utara

10 Bali Baru Indonesia, Destinasi Wisata Terbaru
Tidak diragukan keindahan danau toba yang sangat mempesona (Foto: pixabay/reviewnesia.com)

10 Bali baru yang pertama adalah Danau Toba yang terletak di pegunungan Bukit Barisan, Sumatra Utara. Danau ini juga terkenal sebagai danau terluas se Asia Tenggara dengan panjang 100km dan lebar 30km. pada tanggal 2 Juli 2020 lalu, Kaldera Danau Toba ini juga telah resmi ditetapkan sebagai UNESCO Global Geoparks pada sidang ke 209 Dewan Eksekutif UNESCO di Paris. Kawasan ini memiliki danau vulkanik terbesar di dunia dan merupakan salah satu danau terdalam dengan kedalaman mencapai 500m. Jika Anda berkunjung ke Danau Toba, Anda akan disuguhi Pulau Samosir yang menjadi jantung dari kampung halaman Suku Batak.

Baca Juga: 15 Destinasi Wisata Gayo Harus Kamu Kunjungi

2. Tanjung Lesung di Provinsi Banten

10 Bali Baru Indonesia, Destinasi Wisata Terbaru
Jernih arinya dan penuh terumbu karang yang menakjubkan (Foto: jejakpiknikcom/reviewnesia.com)

Destinasi ini menjadi begitu indah karena berbentuk seperti daratan yang memiliki lesung dan menjorok ke arah laut. Keistimewaan destinasi wisata ini adalah karena lembutnya pasir putih yang alami dengan hamparan pemandangan laut biru. Bagi Anda yang takut dengan gelombang besar, destinasi ini adalah pilihan terbaik. Ombak di kawasan Tanjung Lesung ini begitu tenang. Tempat ini juga cocok dijadikan pilihan untuk kegiatan wedding photoshoot, wahana outbond, dan kegiatan kumpul keluarga.

3. Kepulauan Seribu, Jakarta Utara

10 Bali Baru Indonesia, Destinasi Wisata Terbaru
Deket dengan ibukota, akses ke tempat ini sangat mudah dijangkau (Foto: triptruscom/reviewnesia.com)

10 Bali berikutnya adalah Kepulauan Seribu yang terkenal dengan 128 pulau. Bahkan beberapa sumber mengatakan tempat ini memiliki 342 pulau yang begitu menawan untuk dijadikan destinasi berwisata. Agar bisa sampai ke lokasi ini, Anda perlu menempuh waktu sekitar 1-2 jam melalui pelabuhan Marina Ancol atau Dermaga Pantai. Salah satu keunikan di tempat ini adalah dengan dibangunnya Monas yang didirikan di bawah laut kedalaman kurang lebih sekitar 5 meter. Monas ini diberi nama Coral Day yang terdapat di bagian Pulau Pramuka.

4. Kepulauan Tanjung Kelayang, Bangka Belitung

10 Bali Baru Indonesia, Destinasi Wisata Terbaru
Sela kesibukan kerja, nikmati keindahan belitung yang mempesona (Foto: koronatourcoid/reviewnesia.com)

Siapa yang tidak mengagumi wisata di Belitung? Pantai yang dikelilingi oleh batu granit besar dan pasir putih yang Indah terlihat begitu menawan dan eksotis. Destinasi wisata Tanjung Kelayang berada di sisi Utara Pulau Belitung tepatnya di Kecamatan Sijuk. Tempat ini memiliki laut biru kehijauan dengan ombak yang tenang dan pernah dipilih sebagai lokasi untuk shooting film Laskar Pelangi. Pemandangan wisata ini begitu menakjubkan dan mengundang penasaran bagi turis asing untuk terus datang berkunjung.

5. Candi Borobudur, Magelang Jawa Tengah

10 Bali Baru Indonesia, Destinasi Wisata Terbaru
Keindahan religius di tempat ini sangat menakjubkan (Foto: kemenpargoid/reviewnesia.com)

Merupakan destinasi wisata yang sudah sangat familiar di dalam dan luar negeri. Candi ini adalah candi terbesar di dunia yang sudah berdiri sejak 750 Masehi. Candi ini dibangun oleh Raja Samaratungga yang merupakan bagian dari Dinasti Syailendra. Destinasi wisata ini merupakan salah satu destinasi wisata favorit dunia karena banyaknya ukiran dinding dan stupa yang diyakini memiliki makna tersendiri. Keindahan ketika berkunjung ke tempat ini akan bertambah sempurna ketika waktu sunset tiba.

6. Gunung Bromo di Jawa Timur

10 Bali Baru Indonesia, Destinasi Wisata Terbaru
Cuaca yang sangat dingin, terasa nikmat mengisi akhir pekan di tempat ini (Foto: kumparancom/reviewnesia.com)

Gunung yang memiliki ketinggian 2.392 meter dari permukaan laut ini adalah gunung impian dan kebanggaan masyarakat Jawa Timur. Gunung ini dikenal sebagai tempat yang paling suci bagi suku Tengger karena ada nilai religi dan ritual tersendiri. Salah satu keindahan dari Gunung Bromo adalah ketika dapat menyaksikan matahari terbit dari puncak penanjakan Bukit Teletubbies. Bukit ini terkenal dengan hamparan rumput sabana dan bunga-bunga yang indah.

7. Mandalika di Nusa Tenggara Barat

10 Bali Baru Indonesia, Destinasi Wisata Terbaru
Resort nya sangat cocok bagi pasangan yang bulan madu (Foto: tokopediacom/reviewnesia.com)

Mandalika adalah salah satu surga tersembunyi di Indonesia yang semakin dicintai oleh wisatawan mancanegara. Terkenal dengan bukit hijau dan pantai yang indah serta air yang begitu jernih. Mandalika terus menarik wisatawan dari waktu ke waktu karena terdapat banyak resort yang menawarkan kenyamanan saat berkunjung. Kawasan ini akan dilengkapi dengan sirkuit MotoGP dengan rancangan pengelolaan dan pengembangan kawasan ekonomi khusus berbasis pariwisata. Tempat wisata ini juga sangat cocok bagi pasangan yang ingin berbulan madu.

8. Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur

10 Bali Baru Indonesia, Destinasi Wisata Terbaru
Banyak sekali spot wisata menarik disini (Foto: infopublikid/reviewnesia.com)

Sebagai tempat wisata favorit, Labuan Bajo menawarkan laut yang sangat indah dan dikenal sebagai tempat yang paling romantis untuk berlibur. Labuan Bajo merupakan ibu kota Kabupaten Manggarai Barat dan berada di paling ujung Pulau Flores. Setiap wisatawan yang berkunjung ke tempat ini dapat menikmati wisata bahari, wisata budaya, dan melihat jenis ikan serta hewan dari zaman purbakala

9. Wakatobi, Sulawesi Tenggara

10 Bali Baru Indonesia, Destinasi Wisata Terbaru
Keindahan alam bawah laut yang sempurna (Foto: bisniswisatacoid/reviewnesia.com)

Wakatobi adalah destinasi wisata impian bagi para wisatawan pecinta laut dan suka menyelam. Daerah ini memiliki taman nasional yang terdiri dari 4 pulau yakni Pulau Wangi-Wangi, Pulau Tomia, Pulau Kaledupa, serta Pulau Binongko. Keindahan dari 4 pulau inilah yang membuat Wakatobi begitu diimpikan. Nirwana bawah laut di Wakatobi begitu spektakuler. Bahkan hampir di seluruh kawasan perairan Wakatobi bisa dijadikan tempat untuk menyelam maupun snorkling. Bagaimana, tertarik untuk berkunjung dan mencoba?

10. Pulau Morotai di Maluku Utara

10 Bali Baru Indonesia, Destinasi Wisata Terbaru
Yuk ke sini dengan temen atau pasangan (Foto: tribunnewscom/reviewnesia.com)

Destinasi wisata ini diakui sebagai destinasi wisata terindah. Keindahan alam dan pulaunya bahkan dinilai dapat mengalahkan keindahan Raja Ampat yang berada di Papua. Pulau Morotai adalah sebuah pulau di Halmahera yang kaya akan keberagaman biota laut dan pesona sejarah yang begitu kuat. Agar bisa sampai di destinasi wisata ini, pengunjung dapat memanfaatkan jalur darat, laut, dan udara. Morotai juga terkenal memiliki wisata seperti Tanjung Goronga, Tanjung Dehegila, Pantai Nunuhu, Air Terjun Raja, Pulau Kolorai, dan Pulau Dodola.

2 Shares